Lompat ke isi utama

Berita

Yang Muda Mengawasi, Podcast Garasi undang Tokoh Millenial

Yang Muda Mengawasi, Podcast Garasi undang Tokoh Millenial

Bawaslu Kabupaten Sleman kembali mengundang tokoh pegiat pengawas Pemilu pada tayangan Podcat GARASI (Menjaga Demokrasi) Bawaslu Kabupaten Sleman pada hari Jum`at, tanggal 25 Juni 2021.

Pada kesempatan kali ini, hadir sebagai narasumber adalah tokoh pegiat pengawas Pemilu dari kalangan millenial, Azka Abdi Amrurobbi, yang merupakan salah satu alumni Sekolah Kader Pengawas Pemilu (SKPP) Bawaslu RI tahun 2020.

"Halo Azka, bagaimana kabarnya?,Saya dengar kuliah S-2nya sudah selesai ya?", tanya Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa, yang langsung bertindak sebagai pembawa acara dalam tayangan Podcast Garasi ini.

"Kabar baik pak.Benar, alhamdulillah studi S-2 Saya sudah selesai", jawab Azka yang mengambil gelar Masternya di UGM ini.

"Bisa diceritakan kepada sahabat - sahabat Bawaslu, tesisnya mengangkat tema tentang apa?", tanya Karim melanjutkan obrolan.



Dalam suasana yang santai, lebih lanjut Azka menjelaskan tentang pengalamannya selama mengikuti SKPP dan pengamatannya tentang penyelenggaraan Pemilu 2019 dan Pilkada 2020.

"Tesis Saya terkait dengan aksesibilitas penyandang disabilitas dalam Pilkada 2020 kemarin pak", jawab Azka.

"Wah, menarik sekali. Kenapa mengambil tema itu?", tanya Karim.

"Karena selama ini, Saya mengamati dalam Pemilu maupun Pemilihan, hak pilih dari penyandang disabilitas masih banyak yang terabaikan pak", jawab Azka.

"Selain itu, tempat pemungutan suara juga belum benar - benar memfasilitasi para penyandang disabilitas untuk datang dan menggunakan hak suaranya", lanjutnya.

"Apalagi, setelah tahun lalu Saya mengikuti SKPP, Saya mendapatkan banyak bekal ilmu tentang Pemilu dan Pemilihan, dan ternyata masih harus banyak yang dibenahi, terutama aksesibilitas dan hak pilih penyandang disabilitas", pungkasnya.

"Wah, mantab sekali ini", jawab Karim menanggapi uraian dari Azka.

"Baik sahabat, tak terasa  30 menit sudah berlalu. Tayangan Podcast Garasi ini bisa ditonton di kanal Youtube Bawaslu Kabupaten Sleman. Jangan lupa untuk Subscribe, Like, dan Share-nya ya sahabat", kata Karim mengakhiri tayangan ini.

Sebelum berpamitan, Azka memberikan kenang - kenangan kepada Bawaslu Kabupaten Sleman berupa hasil penelitian yang mendukung penyusunan tesisnya dengan tema tantangan pemilih disabilitas dalam Pilkada 2020 yang diselenggarakan dalam situasi Pandemi Covid - 19.