Lompat ke isi utama

Berita

Uji Publik Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020, Bawaslu Sleman Beri Masukan

Uji Publik Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020, Bawaslu Sleman Beri Masukan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman mengadakan uji publik logo dan maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 pada Rabu, 6 November 2019 di Kantor KPU Kabupaten Sleman. KPU Sleman. Sebagaimana disampaikan oleh Trapsi Haryadi Ketua KPU Sleman logo dan maskot ini akan mengiringi tahapan demi tahapan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 mendatang. Trapsi yang didampingi oleh Aswino menyampaikan bahwa maksud diadakan uji publik adalah untuk menyerap aspirasi dari Parpol maupun stakeholder Pemilu lainnya agar bisa memenuhi harapan masyarakat sebelum dilakukan launching secara resmi sebagai maskot Pemilihan Bupati Sleman tahun 2020.

Draf logo dan maskot tersebut berupa boneka Salman, singkatan dari Salak Sleman. Logo dan maskot terdiri dari dua orang, laki-laki dan perempuan, yang membawa paku alat untuk mencoblos surat suara yang siap dimasukan dalam kotak suara. Selain itu, mereka juga memakai baju Parijotho (batik khas Sleman). Boneka laki-laki memakai blangkon dan surjan akan diberi nama Kang Man, sedangkan yang perempuan memakai kebaya dan konde sebagai ciri khas wanita Jawa diberi nama Yu Sal.

Pada acara uji publik tersebut, terdapat beberapa masukan dari peserta uji publik agar warna dan bentuk maskot hendaknya jangan sampai terkesan tidak netral.  Sutoto Jatmiko dari Bawaslu Sleman menyampaikan masukan agar logo maskot khsusnya boneka yang berkelamin laki-laki yang masih terkesan kurang macho karena wajahnya mirip perempuan agar diperbaiki.

Acara ini turut mengundang Kepala Kesbangpol Sleman, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Sleman, Kepala Dinas Perinsustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, FKUB Kabupaten Sleman, Manager POLGOV UGM, Pimpinan LSM Narasita Yogyakarta, Ketua/LO Partai Politik se-Kabupaten Sleman, Ketua PPDI Sleman, dan Ketua Forum LSM Sleman.    Akhirnya pihak KPU Sleman berjanji akan segera melakukan perbaikan rancangan maskot pemilihan bupati dan wakil Bupati Sleman 2020 tersebut sebelum di”launching.”