Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Kapasitas, Humas Bawaslu Sleman Ikuti Bimtek Jurnalistik

Tingkatkan Kapasitas, Humas Bawaslu Sleman Ikuti Bimtek Jurnalistik

Staf Bawaslu se - DIY yang membidangi hubungan masyarakat (Humas) pada hari Kamis (15/10/2020) mengikuti bimbingan teknis (bimtek) jurnalistik di ruang Media Center Bawaslu DIY.

Bimtek jurnalistik yang diadakan ini dalam rangka meningkatkan kapasitas humas sebagai ujung tombak pemberitaan kegiatan Bawaslu.

Acara bimtek jurnalistik ini dengan dibuka oleh Anggota Bawaslu DIY, Agus Muhammad Yasin, dan Kepala Sekretariat Bawaslu DIY, Screning Yosmar Dano.

Dalam sambutannya, Agus Muhammad Yasin mengatakan bahwa fungsi humas sangatlah penting dan vital bagi sebuah instansi atau lembaga.

"Fungsi humas sangat penting dan vital bagi sebuah lembaga. Humas adalah garda terdepan dalam pemberitaan dari semua kegiatan yang kita lakukan", ujar pria yang akrab dipanggil Yasin ini.

"Dari pemberitaan - pemberitaan yang kita muat di website dan media sosial kantor kitalah masyarakat dapat mengetahui apa saja kegiatan dan kerja kita sebagai Pengawas Pemilu", pungkasnya.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Yasin, Kepala Sekretariat Bawaslu DIY, Screning Yosmar Dano, dalam sambutannya mengatakan jika saat ini masyarakat berhak mengetahui segala hal dari apa saja yang dilakukan oleh sebuah lembaga publik seperti Bawaslu ini.

"Saat ini adalah era kebebasan informasi. Tidak ada yang tabu untuk diberitakan atau ditutup - tutupi", tegas pria yang berasal dari NTT ini

"Masyarakat berhak tau tentang kegiatan apa saja yang kita lakukan, dan dari berita - berita yang dirilis diharapkan masyarakat makin mengenal lembaga Bawaslu", jelasnya.

Di sisi lain, pemateri dalam bimtek jurnalistik yang diselenggarakan oleh Bawaslu DIY ini, Amin Surachmad menjelaskan jika jurnalistik itu bukan mistik.

"Teman - teman, ilmu jurnalistik itu bukan mistik. Artinya, siapapun itu sebenarnya bisa menulis berita", kata Amin di depan para peserta bimtek.

"Jangan pernah takut untuk menulis berita. Apalagi sebagai bagian dari humas, teman - teman memang oleh lembaga dituntut untuk menulis dan rilis berita", lanjutnya.

"Yang penting adalah jam terbang. Semakin sering melatih diri untuk menulis berita, itu semakin bagus", pungkas Amin yang merupakan Ketua Dewan Redaksi Jawa Pos Radar Jogja ini.

Sementara itu, di sisi lain, salah satu peserta bimtek, Yassir Al - Huda, dari Humas Bawaslu DIY, mengatakan bahwa kendala utama bagi humas di Bawaslu adalah soal pembagian pekerjaan.

Yassir menjelaskan jika humas di Bawaslu tidak hanya melulu meliput dan merilis berita saja, tetapi juga melakukan pengawasan dan membuat laporan kegiatan.