Lompat ke isi utama

Berita

Tahapan Pemilu 2024 dilaunching , Bawaslu dan KPU Sleman Duduk Bersama

Tahapan Pemilu 2024 dilaunching , Bawaslu dan KPU Sleman Duduk Bersama

SLEMAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman menggelar acara launching tahapan Pemilu 2024, di Kantor KPU Sleman di Jalan Merbabu Sleman, hari ini, Selasa 14 Juni 2022 pukul 19.30 WIB.


Launching tahapan Pemilu 2024 yang diikuti oleh Bupati Sleman, Wakil Ketua DPRD Sleman, Bawaslu Kabupaten Sleman, Kapolres Sleman dan Dandim 0732 Sleman serta perwakilan partai politik ini dilakukan secara hybrid di kantor KPU dan melalui zoom meeting nasional langsung dari Kantor KPU RI di Jakarta.


Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman yang turut hadir di acara tersebut memberikan pernyataan "Tahapan Pemilu 2024 dilakukan serentak di Indonesia, dan terpusat di KPU RI Jakarta," kata Karim Mustofa.


Karim mengatakan, sesuai dengan pasal 167 ayat (6) Undang-Undang nomor 7 tahun 2017, tentang Pemilu bahwasannya tahapan Pemilu dimulai paling lambat 20 bulan sebelum pemungutan suara, dan 14 Juni 2022 hari ini tepat 20 bulan ke depan Pemilu serentak 2024 akan dilaksanakan.


"Hari ini juga kami Bawaslu Sleman melakukan apel siaga pengawasan Pemilu 2024 Serentak se Indonesia dan KPU melaunching tahapan pemilu sesuai UU pemilu," ujarnya.


Karim Mustofa yang juga koordinator divisi pengawasan dan hubungan antar Lembaga (PHL) Bawaslu Sleman  menuturkan, “Seluruh tahapan nantinya harus mengikutsertakan peran masyarakat, baik itu tahapan penyusunan daftar pemilih maupun tahapan selanjutnya, sebagaimana tertuang di dalam Peraturan KPU nomor 3 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024. KPU dan Bawaslu akan Bersama-sama masyarakat melaksanakan dan mengawal pemilu regular 5 (lima) tahunan ini dengan sebaik-baiknya”, tambah Karim


Selanjutnya dalam waktu kurang lebih 610 hari, penyelenggara pemilu akan bahu membahu membangun pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dan berintegritas.(*)