Lompat ke isi utama

Berita

Sleman Tuan Rumah SKPP Tingkat Dasar

Sleman Tuan Rumah SKPP Tingkat Dasar

Bawaslu RI dalam masa pra tahapan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 terus melakukan upaya pendidikan politik masyarakat, dengan kembali mengajak kader terbaik di seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia, khususnya Kabupaten Sleman untuk mengikuti program Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Tahun 2021. Tujuannya untuk melakukan edukasi politik sehingga masyarakat menjadi pemilih yang cerdas dan partisipatif serta turut mengawal pesta demokrasi, baik Pemilu maupun Pilkada yang demokratis dan berkualitas.


“Alhamdulillah Kabupaten Sleman menjadi salah satu tuan rumah pelaksanaan program SKPP Tingkat Dasar di antara 100 titik kabupaten/kota yang telah ditetapkan sebagai tempat pelaksanaannya, dari peserta di 304 kabupaten/kota se-Indonesia,” ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa saat mengikuti Rapat Kerja Teknis Pusat Pendidikan Pengawasan Pemilu Partisipatif Tahun 2021, 28-30 Mei 2021, yang diselenggarakan oleh Bawaslu RI di Jakarta.


Karim Mustofa yang juga Kordiv Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Sleman ini menjelaskan, pihaknya telah mempublikasikan secara intensif masa pendaftaran yang berlangsung dari tanggal 24-28 Mei 2021 lalu melalui rilis media, medsos, flyer, dan sebagainya yang terintegrasi melalui link pendaftaran peserta Bawaslu RI. Mengajak generasi muda di Sleman agar mengikuti pendidikan di Bawaslu dan menjadi bagian kader SKPP guna turut mengawal pesta demokrasi di bumi Sembada.


“Di Sleman terdapat 55 peserta yang mendaftar untuk pelaksanaan SKPP ini, dan sebagai tuan rumah, Sleman juga diminta memfasilitasi lokasi acara untuk pendaftar dari Kabupaten Kulon Progo sejumlah 52 peserta. Kedua Kabupaten ini kemudian menyerahkan nama peserta ke Bawaslu DIY dan Bawaslu RI untuk diverifikasi dan akan diseleksi secara ketat oleh panitia dari Bawaslu RI,” ungkap Karim Mustofa.


“Insya Allah rencananya SKPP akan digelar bulan Juli bersama Bawaslu DIY dan Bawaslu RI. Semoga Allah memudahkan kegiatan ini terlaksana dengan baik, serta pandemi Covid-19 semakin berkurang dan segera berakhir,” imbuh Karim


Selanjutnya, output dari kegiatan SKPP ini diharapkan setiap peserta nantinya dapat menjadi relawan Bawaslu Kabupaten Sleman dalam melakukan sosialisasi dan edukasi politik terkait Pemilu maupun Pilkada di tengah-tengah masyarakat. Para peserta diharapkan bisa mengajak masyarakat di sekitarnya menjadi pemilih yang cerdas dan responsif terhadap dinamika tahapan Pemilu atau Pilkada yang sedang berlangsung.


“Semoga Allah memudahkan dan melancarkan kegiatan SKPP ini dapat terlaksana dengan baik, dalam meningkatkan kualitas pemilih cerdas dan partisipasi masyarakat yang tinggi dalam pengawasan,” tutup Karim Mustofa. (*)