Lompat ke isi utama

Berita

SIPS versi 3.0 dilaunching, Bawaslu Sleman Terinspirasi

SIPS versi 3.0 dilaunching, Bawaslu Sleman Terinspirasi

SLEMAN-Bawaslu RI hari ini, Kamis, 10 November 2022 di Jakarta melaunching Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS) versi tiga dihadapan Ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia dan disiarkan secara live via youtube Bawaslu RI.

SIPS versi 3.0 ini jauh lebih sempurna dari SIPS sebelumnya, lebih ramah dan efisien penggunaannya serta  memudahkan masyarakat  khususnya parpol peserta pemilu untuk merespon permohonan sengketa pemilu dan hal ikhwal di dalamnya termasuk akses putusan sengketa sejak pemilu 2014.

Rahmat Bagja, ketua Bawaslu RI dalam sambutan launching SIPS versi 3.0 menyatakan harapannya. "SIPS versi 3 ini lahir dari ikhtiar anggota Bawaslu RI periode 2017-2022 yang terus disempurnakan hingga saat ini.  Kami berharap versi ketiga ini bisa menjawab permohonan online terkait sengketa dan menjadi sebuah rujukan akademis karena seluruh putusan bisa dilihat pada SIPS ini sejak 2014 hingga 2022 ini, kata Bagja.

Sementara itu, anggota Bawaslu Kabupaten Sleman yang turut hadir dalam acara tersebut, Mujibur Rahman, menaruh harapan dengan SIPS versi 3.0. "Kami terinspirasi aplikasi ini dan semoga kami di daerah langsung bisa mensosialisasikannya kepada parpol calon peserta pemilu di Kabupaten Sleman, sehingga mereka paham bagaimana permohonan sengketa bisa diajukan dan bisa pula melihat hasil putusan sengketa yang pernah dilakukan, harap Mujib, Kordiv Penyelesaian Sengketa dan Hukum ini.

"Selanjutnya SIPS ini akan menjadi aplikasi yang siap pakai dan memberikan kemudahan untuk mereka, peserta pemilu untuk mencari keadilan pemilu 2024 mendatang, harap Mujib.

Kegiatan Bawaslu RI bersama Bawaslu Kabupaten/Kota berupa Launching SIPS versi 3.0 ini dihadiri beberapa tamu undangan di antaranya parpol calon peserta pemilu 2024, anggota Bawaslu periode 2012-2017 dan periode 2017-2022, serta anggota DKPP.(*)