Lompat ke isi utama

Berita

Sinergi KPU-Bawaslu DIY Dimulai dengan Syawalan Bersama

Sinergi KPU-Bawaslu DIY Dimulai dengan Syawalan Bersama

Pimpinan KPU dan Bawaslu Provinsi DIY bersama KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-DIY menyelenggarakan Syawalan bersama di RM Pawon Bendoro Ngaglik, Sleman, hari ini, Senin (23/5/2022).

Acara yang digagas dengan Syawalan ini dibarengkan dengan sharing ide antara dua lembaga penyelenggara Pemilu ini diikuti ketua dan anggota lengkap dengan kepala sekretariat.

Hamdan Kurniawan, Ketua KPU DIY mengawali acara dengan sambutan. Dia menyampaikan lebih jauh acara ini digagas bersama, "Terima kasih semua yang hadir dalam kesempatan ini, semoga terus bisa bersinergi  lebih-lebih menjelang Pemilu 2024," kata Hamdan.

Sementara itu, Bagus Sarwono, Ketua Bawaslu DIY,  menyampaikan keinginannya untuk saling membangun sinergitas untuk Pemilu 2024. Tahapan akan segera dimulai pada 14 Juni 2022. "Semoga di forum berikutnya ada sinergitas sebagaimana regulasi, KPU dan Bawaslu satu kesatuan di daerah,," kata Bagus.

"Kita punya visi bersama dalam penyelenggaraan Pemilu yang berintegritas dan kita menjalankan fungsi dan peran masing-masing berdasarkan regulasi.
KPU dan Bawaslu DIY saat ini sudah banyak dipromosikan oleh stakeholder, seperti Abdul Gaffar Karim,  dimana KPU dan Bawaslu saling menyapa di lapangan, meskipun tantangannya kompleks," tambah Bagus.

Bagus Sarwono menambahkan harapannya pada acara tersebut, semoga bisa terselesaikan sisa sisa masalah Pemilu sebelumnya kalau ada. Saling berkoordinasi menyamakan persepsi dengan melalui tanpa surat-menyurat atau melalui media publik sehingga bisa lebih efektif untuk menjalankan fungsi masing-masing.

Sementara itu, Sri Rahayu Werdiningsih, Anggota Bawaslu DIY juga menyampaikan kepada forum bahwa acara Syawalan ini dalam rangka membentuk sinergi yang harus dimulai bersama-sama.  
"Dimulai makan bersama,  dan duduk bareng akan menjadi cara yang baik untuk sinergi. Semoga yang kita lakukan bisa terus berjalan pada periode selanjutnya seperti bimtek bersama, dan bentuk sinergi kedua disamping mengatasi masalah bersama adalah saling bertukar bersama, dalam arti bersama mengabdi bersama," imbuh Sri Rahayu.

Siti Ghaniyatun, Anggota KPU DIY turut menyampaikan harapannya. "Semoga KPU dan Bawaslu DIY kemudian dilanjutkan Kabupaten/Kota bisa bersinergi dalam acara bimtek ataupun kegiatan lainnya menjelang Pemilu 2024," kata Siti.

Acara Syawalan dan sharing KPU dan Bawaslu DIY kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah semua peserta forum. (*)