Lompat ke isi utama

Berita

SEMA-U UIN SUKA Siap Kolaborasi dengan Bawaslu Sleman

SEMA-U UIN SUKA Siap Kolaborasi dengan Bawaslu Sleman

SLEMAN-Dalam rangka meningkatkan peran pengawasan partisipatif pada tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 di kalangan aktivis mahasiswa dan dunia akademisi, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman jalin kerjasama dengan Senat Mahasiswa Universitas (SEMA-U) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Jalinan kerjasama ini dituangkan ke dalam nota kesepakatan atau MoU yang ditandatangani oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa, dan Ketua SEMA-U UIN Sunan Kalijaga (SUKA) Yogyakarta, Ach. Musthafa Roja’, di Ruang Media Center Bawaslu Kabupaten Sleman pada hari Rabu, 9 Februari 2022.

Turut hadir dalam penandatanganan MoU tersebut adalah Anggota Bawaslu Kabupaten Sleman, Vici Herawati, Ibnu Darpito, Arjuna Al Ichsan Siregar, Mujibur Rahman, dan jajaran Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sleman, serta Anggota SEMA-U UIN SUKA Yogyakarta.

“Maksud dan tujuan penandatanganan MoU ini adalah untuk meningkatkan kerjasama antara Bawaslu Kabupaten Sleman dengan SEMA-U UIN Sunan Kalijaga, khususnya dalam hal pendidikan politik dan demokrasi di kalangan kampus dan peran mahasiswa dalam pengawasan partisipatif dalam tahapan Pemilu tahun 2024”, tutur M. Abdul Karim Mustofa sesaat sebelum menandatangani berkas MoU.

“Sesuai dengan yang tertera dalam MoU tersebut, terdapat tiga bentuk  kegiatan kerjasama yang dapat dilakukan, yaitu pendidikan kader atau relawan pengawasan partisipatif, gerakan desa anti politik uang, dan kerjasama yang meliputi bidang politik dan demokrasi bagi kalangan mahasiswa dan pemuda”, lanjutnya.

“Ketiga bentuk kerjasama yang dituangkan ini akan dilanjutkan dan diaplikasikan di kalangan anggota SEMA-U UIN SUKA Yogyakarta untuk bersama – sama lebih peduli dan bersama – sama mengawasi tahapan Pemilu tahun 2024 agar menjadi Pemilu yang bersih, berintegritas, jujur, dan bebas dari hoaks dan kampanye hitam ,” pungkasnya.

Sementara itu, Ach. Musthafa Roja’ menyampaikan terima kasih dan apresiasi  atas undangan dan ajakan kerjasama tentang program pengawasan partisipatif dari Bawaslu Kabupaten Sleman.

 Meskipun penjajakan kerjasama telah dilakukan oleh Ketua SEMA-UIN SUKA Yogyakarta sebelumnya dan saat ini sudah demisioner, namun sebagai ketua yang baru dia mengemukakan siap untuk kembali menindaklanjuti kerjasama ini.

 “Terkait kerjasama program pengawasan partisipatif dari Bawaslu Kabupaten Sleman ini  kita dari SEMA-U UIN SUKA Yogyakarta siap berkolabolarasi dan mengaplikasikannya di kampus kita dan juga ke dalam pemilihan presiden mahasiswa di kampus UIN”, tuturnya.

“Apalagi tujuan dari kerjasama ini adalah untuk memberikan pendidikan terkait pengawasan partisipatif dalam tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 dan juga pendidkan demokrasi di kalangan internal pengurus SEMA, tentunya akan sangat bermanfaat dan berdampak positif bagi kami selaku pengurus senat dan teman – teman mahasiswa yang lain”, sambungnya.

“Program kerjasama ini juga memberikan kesempatan kepada kami dan teman – teman untuk berperan aktif dalam melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan Pemilu tahun 2024 yang terbebas dari politik uang dan penyebaran berita bohong atau hoaks”, pungkasnya.(*)

  •