Lompat ke isi utama

Berita

Rekrutmen Panwaslu Kalurahan/Desa Segera Dibuka

Rekrutmen Panwaslu Kalurahan/Desa Segera Dibuka

SLEMAN-Dalam rangka membentuk jajaran Pengawas Pemilu ad hoc di tingkat kalurahan/desa, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) akan segera membuka pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kalurahan/Desa pada Pemilu Serentak Tahun 2024.


Anggota Bawaslu Kabupaten Sleman, Vici Herawati menjelaskan jika di awal tahun 2023 ini, tidak lama lagi akan dibuka rekrutmen Panwaslu Kalurahan/Desa untuk Pemilu 2024. Namun demikian, untuk pedoman dan petunjuk teknis masih menunggu arahan dari pimpinan Bawaslu RI.


“Sesuai hasil rapat koordinasi dengan Bawaslu DIY siang ini (03/01/2023), untuk rekrutmen Panwaslu Kalurahan/Desa sudah boleh untuk mulai disosialisasikan kepada masyarakat,” jelasnya.


“Namun demikian, terkait dengan pedoman dan petunjuk teknisnya, masih menunggu ditandatangani oleh pimpinan Bawaslu RI. Semoga dalam waktu dekat ini sudah bisa segera turun ke Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota,” sambungnya.


Untuk Kabupaten Sleman sendiri, jelas Vici, jumlah Panwaslu Kalurahan/Desa yang dibutuhkan adalah 86 orang. "Dan untuk proses rekrutmennya akan didelegasikan kepada Panwaslu Kecamatan,” sambungnya kembali.


Selaku Koordinator Divisi SDM, Organisasi, dan Diklat Bawaslu Kabupaten Sleman, Vici juga mengimbau kepada masyarakat agar rajin memantau dan mengikuti akun-akun media sosial Bawaslu Kabupaten Sleman agar tidak tertinggal informasi terkait rekrutmen ini atau bisa juga dengan menghubungi Panwaslu Kecamatan setempat. (*)