Lompat ke isi utama

Berita

Rekrutmen Panwaslu Desa, Bawaslu Sleman Minta Masukan Masyarakat

Rekrutmen Panwaslu Desa, Bawaslu Sleman Minta Masukan Masyarakat

Bawaslu Kabupaten Sleman, 1 (satu) minggu yang lalu telah menyelenggarakan tahapan rekrutmen Panwaslu Desa untuk 86 desa di seluruh Kabupaten Sleman yang disiapkan untuk mengawasi tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020.

 Terkait seleksi calon anggota Panwaslu Desa  se-Kabupaten Sleman sudah dilaksanakan sejak 16 sd 22 Februari 2020 dan diumumkan hasil kelolosannya pada 25 Februari 2020 untuk hasil seleksi administrasi dan wawancara, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman mengharapkan tanggapan dan masukan dari masyarakat Sleman terhadap nama-nama calon yang sudah mengikuti seleksi ini. 

Dikatakan anggota Bawaslu Kabupaten Sleman, Vici Herawati yang juga koordinator divisi SDM, organisasi dan Data Informasi, bahwa sesuai tahapannya, tanggapan dan masukan masyarakat dapat disampaikan ke lembaga pengawas pemilu, bisa ke Panwaslucam di masing-masing kecamatan atau ke Bawaslu Sleman sampai dengan 10 Maret 2020. 

“Dalam rekrutmen calon Panwaslu Desa yang sedang sudah berlangsung ini, kita membuka seluas-luasnya tanggapan dan masukan dari masyarakat sejak diumumkannya nama-nama yang lolos pada 25 Februari sampai dengan 10 Maret 2010,” kata Vici Herawati, Selasa, (25/2/2020).

Dikatakannya, terkait tanggapan dan masukan ini, masyarakat dapat menyampaikan secara langsung ke Panwaslucam masing-masing atau melalui surat yang dikirim. Bahkan pihaknya juga sudah menyediakan form tanggapan dan masukan yang harus diisi sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

Seperti dijelaskan Vici, bahwa dalam proses seleksi ini pihaknya sangat mengharapkan adanya peran serta masyarakat dalam memberikan tanggapan dan masukan terhadap peserta atau calon pengawas Pemilu di tingkat desa yang sudah dilakukan penjaringan. Hal ini penting karena Bawaslu Sleman dan Panwaslucam se Kabupaten Sleman secara detail harus mengetahui rekam jejak setiap pelamar. 

“Terhadap seluruh peserta yang mengikuti tes ini, belum tentu kita mengetahui secara keseluruhan mengenai track and record mereka. Begitu juga terkait integritas yang dimiliki setiap calon. Untuk itu kami sangat mengharapkan adanya tanggapan dan masukan dari masyarakat,”pungkas Vici.