Lompat ke isi utama

Berita

Rakor Daring Perdana Bersama Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sleman

Rakor Daring Perdana Bersama Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sleman

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman menggelar rapat koordinasi (rakor) daring perdana dengan jajaran Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sleman setelah pengaktifan kembali pada 12 Juni 2020. Agenda utama rakor ini bertujuan untuk melihat kesiapan jajaran Pengawas Pemilu ad hoc di Kabupaten Sleman dalam mengawasi tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020 di masa Pandemi Covid-19. Turut bergabung dalam Rakor Ketua Bawaslu Provinsi DIY Bagus Sarwono beserta anggota Bawaslu Provinsi DIY Sutrisnowati dan Sri Rahayu Werdiningsih.

Rapat dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman M. Abdul Karim Mustofa. Mengawali dengan mengucapkan selamat Idul Fitri 1441 H/2020 mewakili dari Bawaslu Kabupaten Sleman. Selanjutnya, Karim menyampaikan bahwa jajaran Pengawas Pemilu ad hoc untuk senantiasa intens berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten serta senantiasa memberikan informasi terbaru dalam melakukan tugas pengawasan ke depan.

“Mari kita lakukan tugas pengawasan Pemilihan Bupati Sleman Tahun 2020 ini secara maksimal,” kata Karim di Kantor Bawaslu Sleman, Jl. Dr. Radjimin No 16, Sucen, Triharjo, Sleman, Selasa, 16 Juni 2020.

Dalam arahannya, Ketua Bawaslu Provinsi DIY Bagus Sarwono menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan pengawasan tahapan Pemilihan di masa Pandemi Covid-19, Pengawas Pemilu harus mengutamakan keselamatan dan kesehatan. Selain itu, harus tetap bekerja secara maksimal dengan penuh tanggung jawab dan integritas.

“Terkait dengan Pemilihan Bupati Sleman 2020 telah ada komitmen dari Pemerintah/Pemda untuk memfasilitasi APD (Alat Pelindung Diri) dalam Pemilihan Kepala Daerah 2020 ini,” kata Bagus Sarwono.

Selanjutnya, rakor diisi dengan penyampaian arahan dari para Anggota Bawaslu Kabupaten Sleman. Kemudian, dibuka sesi diskusi dan tanya jawab dari peserta rakor yang semuanya berkaitan dengan bagaimana agar dapat melaksanakan pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020 dengan sukses dan lancar.

Mengakhiri acara rakor, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman berpesan agar seluruh jajaran Pengawas Pemilu dapat memanfaatkan strategi pengawasan melalui pemanfaatan teknologi informasi (TI) di masa Pandemi Covid-19 ini.

“Ke depan nantinya kita akan sering koordinasi melalui rapat daring seperti ini, oleh karena itu mohon untuk segera berkoordinasi dengan jajaran sekretariat agar dapat difasilitasi,” ujarnya. (*)