Lompat ke isi utama

Berita

Pasca Penarikan Mahasiswa Magang, STIE SBI – Bawaslu Lanjutkan Kerjasama

Pasca Penarikan Mahasiswa Magang, STIE SBI – Bawaslu Lanjutkan Kerjasama

SLEMAN – Usai melaksanakan Tugas Akhir Magang (TAM) selama 60 hari sejak 12 November 2021 hingga 15 Januari 2022, mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Solusi Bisnis Indonesia Yogyakarta di Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman resmi ditarik oleh pihak kampus yang diwakili oleh Dosen Pembimbing Magang STIE Solusi Bisnis Indonesia Yogyakarta, Saifudin Zuhri, Kamis (20/1/2022).

Prosesi penarikan mahasiswa tugas akhir yang berlangsung di ruang Media Center Bawaslu Kabupaten Sleman, jalan Dr. Radjimin Nomor 16 Triharjo, Sleman dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa didampingi oleh Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi, Vici Herawati, Koordinator Divisi Hukum, Hubungan Masyarakat dan Data Informasi, Arjuna Al Ichsan Siregar, Koordinator Penanganan Pelanggaran, Ibnu Darpito, serta Koordinator Penyelesaian Sengketa, Mujibur Rahman.

Di awal pembicaraannya, Saifudin Zuhri yang juga menjabat Ketua STIE Solusi Bisnis Indonesia Yogyakarta menuturkan bahwa tugas akhir bagi mahasiswa semester 7 yang dilaksanakan di kantor Bawaslu Kabupaten Sleman ini sebagai implementasi program nasional Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan maksud mendorong mahasiswa dapat menguasai berbagai keilmuan sesuai konsentrasinya sebagai bekal dalam dunia kerja.

“Pasca penarikan, STIE SBI segera melanjutkan MoU dengan program kuliah pengawasan untuk mendukung MBKM,” tutur Saifudin.

“STIE SBI akan menjadwalkan perkuliahan di kampus mulai semester genap Tahun Akademik 2021/2022 dan akan diisi oleh dosen tamu dari Bawaslu Kabupaten Sleman”, sambungnya.

Ia juga menambahkan bahwa tujuan utama pelaksanaan tugas akhir ini adalah meningkatkan pengalaman dan kompetensi mahasiswa sesuai bidang ilmunya dan memperkenalkan budaya kerja yang nyata, serta memperoleh umpan balik kepada pihak kampus dalam menyesuaikan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Untuk itu, pihaknya memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada Pimpinan Bawaslu Kabupaten Sleman beserta jajarannya yang telah memberikan kesempatan dan dukungannya bagi mahasiswanya untuk menunaikan tugas akhir magangnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa menyampaikan bahwa kerja sama yang telah dilaksanakan sesuai dengan Nota Kesepakatan Nomor: 03/Kt/Akd/MoU-TAM/STIE-SBI/X/2021 dan Nomor: 044/HM.07/K/YO-04/11/2021 tanggal 12 November 2021 yang ditandatangani kedua belah pihak dapat dijadikan momentum agar bisa menjalin kerja sama lebih lanjut yang saling menguntungkan antar dua institusi tersebut di waktu mendatang.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari STIE Solusi Bisnis Indonesia Yogyakarta yang telah bersedia menjalin kerjasama dengan Bawaslu Kabupaten Sleman dalam program magang, pengawasan partisipatif maupun perkuliahan tentang kepemiluan,” ucap Karim.

Di akhir kegiatan, Karim menyampaikan bahwa Bawaslu Kabupaten Sleman beserta jajaran secara terbuka siap untuk bekerjasama dengan pihak akademisi demi perbaikan dan peningkatan partisipatif pemilihan umum karena tanpa melalui proses belajar yang baik, maka sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas akan sulit dihasilkan yang dapat berpengaruh pada proses pembangunan bangsa ke depan.(*)