Lompat ke isi utama

Berita

Paguyuban Dukuh Se-Sleman Siap Netral di Pemilu 2024

Paguyuban Dukuh Se-Sleman Siap Netral di Pemilu 2024

SLEMAN-Mendekati Pemilu 2024, Paguyuban Dukuh se-Kabupaten Sleman, Cokro Pamungkas menyelenggarakan sarasehan dan deklarasi bersama untuk netralitas Pemilu 2024 di Kalurahan Condong Catur, Depok Sleman, Selasa, 30 November 2022.

Acara sarasehan dihelat oleh Paguyuban Cokro Pamungkas menghadirkan narasumber dari Bawaslu Kabupaten Sleman, Badan Kesbangpol, dan Polresta Sleman serta Paguyuban Pamong  Suryo Ndadari Sleman dengan diikuti oleh dukuh-dukuh se Kabupaten Sleman.

M. Abdul Karim Mustofa,  Ketua Bawaslu Sleman yang turut menjadi narasumber dalam sarasehan tersebut mengemukakan pendapatnya di hadapan 50 dukuh yang hadir.

"Bapak/Ibu Dukuh, kami dari Bawaslu Sleman apresiasi dan salut atas inisiasi sarasehan ini dan deklarasi netralitas Bapak/Ibu dukuh untuk Pemilu 2024, kata Karim.

"Netralitas ASN, Kepala Desa, perangkat desa dll memang disinggung dalam Pasal 280 UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan bakal menjadi tindak pidana Pemilu bila kemudian diikutsertakan dalam kampanye Pemilu dan ada sanksi hukumnya. Sarasehan dan deklarasi ini menjadi penting untuk mengawal pasal tersebut, jangan sampai bapak/Ibu terlibat di dalamnya dan bapak/Ibu hari ini menyatakan deklarasi siap netral, kata Karim.

Pasca sarasehan, Paguyuban Dukuh Cokro Pamungkas dipimpin oleh Irawan, Ketua Paguyuban Lurah dan Pamong Desa Se-Kabupaten Sleman menyatakan sikap netralitas diri dalam Pemilu 2024 dengan tetap memegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945 serta  aturan perundang-undangan lainnya.(*)