Lompat ke isi utama

Berita

Menunjang Kinerja, Bawaslu Sleman Luncurkan Tiga Aplikasi Internal

Menunjang Kinerja, Bawaslu Sleman Luncurkan Tiga Aplikasi Internal

SLEMAN-Dalam rangka mengaplikasikan perkembangan teknologi informasi ke dalam program kerja dan pengawasan yang dilakukan, Bawaslu Kabupaten Sleman meluncurkan dan melalukan uji coba terhadap tiga aplikasi internal, yaitu aplikasi Sikap (Sistem Informasi Kepemiluan dan Pengawasan), aplikasi Sipsurat (Sistem Informasi Persuratan), dan aplikasi Sidawaslu (Sistem Informasi Database Pengawas Pemilu) di Ruang Rapat Bawaslu Kabupaten Sleman pada Rabu, 9 Maret 2022.

Ketiga aplikasi ini diluncurkan dalam rapat internal secara daring yang dihadiri oleh Ketua, Anggota, dan jajaran Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sleman yang membahas tentang efektivitas program-program kerja kehumasan dan PPID Bawaslu Kabupaten Sleman yang telah dilaksanakan serta membahas rancangan program kerja kehumasan dan pengelolaan PPID ke depannya.


“Ketiga aplikasi ini, Sikap, Sipsurat, dan Sidawaslu merupakan hasil kerjasama magang mahasiswa Program Studi Manajemen Informatika Universitas Amikom Yogyakarta yang telah berakhir Desember tahun lalu,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa.


“Diharapkan dengan adanya aplikasi-aplikasi ini ke depannya dapat semakin menunjang dan mempermudah kinerja pengawasan dan sekretariat, apalagi ketika pengawasan tahapan Pemilu 2024 telah dimulai,” ujar pria yang telah menjadi Pengawas Pemilu sejak tahun 2014 ini.


Sementara itu, Anggota Bawaslu Kabupaten Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar menyampaikan, jika uji coba yang dilakukan ini untuk memastikan ketiga aplikasi yang dibuat telah berfungsi dan dapat segera digunakan.


"Uji coba ketiga aplikasi pada hari ini untuk memastikan aplikasi sudah siap untuk digunakan dan jika masih terdapat kendala dan masalah agar bisa segera ditindaklanjuti dan diperbaiki,” tuturnya.


“Penggunaan aplikasi ini bersifat internal di kalangan Bawaslu Kabupaten Sleman saja, terutama aplikasi Sikap dan Sipsurat,” lanjut Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Sleman ini.


Arjuna menambahkan, aplikasi Sikap nantinya akan berisi tentang rekapitulasi hasil pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Sleman dan jajaran, termasuk nantinya oleh Panwaslu Kecamatan.


“Aplikasi Sipsurat digunakan untuk pengarsipan surat masuk dan surat keluar Bawaslu Kabupaten Sleman secara online agar mudah untuk dicari dan diklasifikasikan, sedangkan aplikasi Sidawaslu berisi tentang informasi personel Pengawas Pemilu di Kabupaten Sleman,” ujarnya.(*)