Lompat ke isi utama

Berita

Menuju Humas yang Adaptif, Edukatif, dan Informatif

Menuju Humas yang Adaptif, Edukatif, dan Informatif

SLEMAN-Dalam rangka meningkatkan pengelolaan kinerja kehumasan Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota, Anggota Bawaslu Kabupaten Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar, beserta staf yang membidangi kehumasan menghadiri Rapat Kerja Nasional Kehumasan Bawaslu RI yang diselenggarakan di Hotel Grand Senyiur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Minggu-Selasa tanggal 11-13 Desember 2022.


Dalam sambutan yang diberikan saat membuka acara ini, Plh. Bawaslu Republik Indonesia, La Bayoni, menekankan tentang pentingnya fungsi kehumasan di seluruh jajaran Bawaslu, terutama di era digital saat ini.


“Di era digital saat ini, Bawaslu sebagai lembaga public, memerlukan pengelolaan fungsi kehumasan yang adaptif, yang mampu menyesuaikan dengan perkembangan jaman,” tuturnya.


“Bawaslu memiliki banyak sekali program dan kegiatan yang perlu diekspos kepada masyarakat luas, untuk memberikan informasi dan edukasi yang tepat tentang kinerja-kinerja yang dilakukan oleh Bawaslu, terutama pada saat tahapan Pemilu berlangsung seperti sekarang ini,” sambungnya.


“Pimpinan Bawaslu RI telah mengedepankan paradigma komunikasi publik yang terbuka dan fleksibel, semuanya itu harus ditindaklanjuti dengan pengelolaan kehumasan yang handal, baik dari segi kualitas sumber daya manusia dan produk-produk kehumasan yang dihasilkan sehingga tidak hanya menjadi humas yang publikatif saja, tetapi juga edukatif dan informatif’” pungkasnya.


Sementara itu, dalam arahan yang diberikan kepada para peserta yang hadir, Anggota Bawaslu Republik Indonesia, Lolly Suhenti, menyampaikan tentang pentingnya untuk terus memacu peningkatan kualitas pengelolaan kehumasan di Bawaslu.


“Arah kebijakan pengelolaan kehumasan di Bawaslu tidak berangkat dari ruang yang kosong, hari ini, besok, dan tahun-tahun berikutnya sudah harus terprogram dengan jelas apa saja yang akan kita lakukan untuk memajukan humas kita,” jelas Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat ini.


“Untuk mencapai tujuan tersebut, kita harus bekerjasama agar dapat pula maju bersama, jangan sampai kebiasaan kolektif kolegial di lembaga ini justru mempersulit dalam upaya kita untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kehumasan agar menjadi lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya,”tuturnya.


Lebih lanjut, Teh Lolly, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa tim humas harus mampu terbuka dengan segala macam masukan dan kritikan serta memiliki mental yang kuat karena kesemua hal itu diperlukan jika ingin mewujudkan pengelolaan kehumasan yang mumpuni.


Menanggapi hal tersebut, Anggota Bawaslu Kabupaten Sleman yang juga merupakan Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Arjuna Al Ichsan Siregar menyampaikan bahwa akan berupaya meningkatkan kualitas pengelolaan kehumasan di Bawaslu Kabupaten Sleman sesuai dengan arahan pimpinan yang telah disampaikan sebelumnya


Acara rapat kerja nasional yang berlangsung selama tiga hari ini dihadiri oleh jajaran Anggota dan Staf Bawaslu yang mengelola kehumasan dari 34 provinsi dan 169 kabupaten/kota dan untuk pamungkas, akan diselenggarakan Malam Penganugerahan Pengelolaan Kehumasan Bawaslu sebagai acara puncaknya.(*