Lompat ke isi utama

Berita

Menjelang Pleno DPT, Bawaslu Sleman Sampaikan Ribuan Data Ganda

Menjelang Pleno DPT, Bawaslu Sleman Sampaikan Ribuan Data Ganda

Guna mendapatkan data pemilih yang valid dalam pemilihan bupati dan wakil Bupati Sleman Tahun 2020, Bawaslu Sleman memberikan data dan daftar pemilih ganda kepada KPU Kabupaten Sleman, 12 Oktober 2020.

Karim Mustofa, Ketua Bawaslu Sleman yang saat itu menyerahkan secara langsung kepada ketua KPU Sleman, Trapsi Haryadi memberikan pernyataan singkat.

"Kami hari ini memberikan saran perbaikan dan pencermatan ulang terhadap data bermasalah terutama data ganda kepada KPU Sleman berharap bisa ditindaklanjuti dengan uji validitas", kata Karim.

"Data bermasalah ini meliputi 14.510 by name ganda dengan 2 elemen yakni ada kesamaan nama dan tanggal lahir serta 196 by name ganda 3 elemen yaitu kesamaan nama, tanggal, dan alamat pemilih. Saat pleno DPT besok (15/10/2020), KPU harus menjelaskan tindak lanjut dari saran perbaikan yang kami sampaikan ini, imbuh Karim.

KPU Sleman sendiri pada hari yang sama (Senin, 12/10/2020) saat saran perbaikan diberikan oleh Bawaslu Sleman sedang menggelar koordinasi dan penyamaan persepsi antara PPK dan Panwascam se Kabupaten Sleman.

Tema yang diangkat pada koordinasi PPK dan Panwascam di Kantor KPU Sleman adalah konsolidasi data dan angka pada saat pleno rekap PPK apakah BA DPS HP kecamatan sama tidak dengan yang diterima oleh Panwascam dan apakah saran perbaikan sudah ditindaklanjuti PPK atau belum.

Harapannya saat pleno DPT, tidak ada masalah dengan data dan angka sehingga pleno berjalan dengan lancar.