Lompat ke isi utama

Berita

Menjadi Fasilitator Forum Yang Andal

Menjadi Fasilitator Forum Yang Andal

SLEMAN - Tidak jarang dalam situasi tertentu, seperti dalam sosialisasi informasi Pemilu dan Pilkada kepada masyarakat, seorang Pengawas Pemilu harus mampu menjadi seorang fasilitator forum yang andal dan mumpuni. Berangkat dari hal itu, Bawaslu Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas fasilitator forum pada hari Selasa, 3 Agustus 2021, secara daring dengan narasumber Ketua Dewan Konstituante IDEA, Wasingatu Zakiyah.


Dalam pemaparan materinya, perempuan yang akrab disapa Mbak Zaki ini menuturkan bahwa banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipelajari agar dapat menjadi seorang fasilitator forum yang bisa mengakomodir semua pihak yang berkepentingan dalam forum tersebut. Banyak teknik dan strategi yang harus dipakai.


“Sejak awal acara, sapalah orang-orang yang hadir di dalam forum tersebut untuk mencairkan suasana, atur gestur dan tatapan mata kita agar yang hadir dalam forum tersebut perhatiannya tetap kepada kita,” jelasnya dengan penuh semangat.


Seorang fasilitator, lanjutnya, harus fokus kepada tujuan bersama. Lebih mengedepankan pada penyadaran dan bukan sekedar kepatuhan. Mencari "hot button" untuk menggerakkan kesadaran, serta dialogis.


Persiapan-persiapan yang bersifat teknis, sambungnya, seperti alat tulis, papan tulis, dan flyer-pun harus selalu ada. Apalagi, saat ini pertemuan sering diselenggarakan secara daring. Laptop, kamera, headset, dan lampu penerangpun harus disiapkan dan diperhatikan detailnya.


“Dalam melakukan pendekatanpun harus mempunyai banyak strategi seperti problem solving dan aprecciative inquiry, sangat penting untuk menentukan tujuan bersama jika sudah duduk dalam forum yang sama pula,” tandasnya.


Kegiatan yang dimoderatori oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Sleman, Vici Herawati, ini diikuti tidak hanya dari Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota yang ada di DIY saja, tetapi juga diikuti oleh Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota yang ada di Nusa Tenggara Barat, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Sumatera Utara, masyarakat umum, dan Pengawas Pemilu Adhoc Kabupaten Sleman pada Pemilu 2019 dan Pilkada 2020.


Dalam membuka acara peningkatan kapasitas ini, Vici menyampaikan apresiasi kepada para peserta yang sudah berkenan untuk mengikuti kegiatan ini.


“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Mbak Zaki yang telah bersedia untuk menjadi narasumber yang pada acara kali ini akan mengajari kita semua bagaimana cara untuk menjadi seorang fasilitator yang baik, yang mampu menghidupkan suasana dan mencapai goal bersama,” tuturnya.


Turut membuka acara dan memberikan pengantar serta sambutan adalah Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa, dan Ketua Bawaslu DIY, Bagus Sarwono. M. Abdul Karim Mustofa menjelaskan dalam sambutannya jika kegiatan peningkatan kapasitas ini merupakan salah satu program dari 17 kegiatan peningkatan kapasitas di bulan Agustus ini dalam rangka memeriahkan hari jadi ke – 3 Bawaslu Kabupaten Sleman dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia. Sedangkan dalam sambutannya, Bagus Sarwono menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu Kabupaten Sleman atas terselenggaranya kegiatan peningkatan kapasitas ini. (*)