Lompat ke isi utama

Berita

Lantik 51 Panwaslu Kecamatan, Ketua Bawaslu Sleman Tekankan Hal Ini

Lantik 51 Panwaslu Kecamatan, Ketua Bawaslu Sleman Tekankan Hal Ini

SLEMAN-Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa, melantik 51 Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan/Kapanewon se-Kabupaten Sleman pada Jum’at, 28 Oktober 2022. Bertempat di Aula Utama Grand Keisha Hotel, Jl. Afandi, Depok, Sleman, DIY, pelantikan yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu DIY, Sutrisnowati, Kepala Sekretariat Bawaslu DIY, Screning Yosmar Dano, anggota dan jajaran Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sleman, jajaran pejabat teras Kabupaten Sleman, dan para panewu se-Kabupaten Sleman.


Dalam sambutan yang diberikan, pria yang akrab disapa dengan Karim ini menyampaikan pesan-pesan dan arahan kepada para Panwaslu Kecamatan terlantik. Salah satunya menyinggung tentang ketugasan Panwaslu Kecamatan yang tidak bisa dianggap ringan.


“Sahabat-sahabat sekalian, pertama-tama saya ucapkan selamat kepada 51 Panwaslu Kecamatan yang pada hari ini telah dilantik dan diambil sumpahnya,” tuturnya.


“Sumpah jabatan yang telah diucapkan tentunya mengandung konsekuensi dan tanggung jawab yang harus dijalankan dengan penuh kesungguhan sesuai dengan pakta integritas yang tadi sudah sahabat baca setelah prosesi pelantikan,” lanjutnya.


Karim mengatakan, dengan sahnya dilantik menjadi anggota Panwaslu Kecamatan, menandakan juga bahwa mulai saat ini mereka telah menjadi seorang Pengawas Pemilu yang dituntut untuk selalu standby bekerja secara penuh waktu dalam ketugasannya. "Maka dari itu, Panwaslu Kecamatan harus siap sedia dan perlu bergandengan tangan dengan seluruh pemangku kepentingan, menjalin kolaborasi dan sinergitas dalam melakukan tugas-tugas pengawasannya,” pungkasnya.


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Bawaslu DIY, Sutrisnowati. Dia mengatakan bahwa seorang Pengawas Pemilu wajib menjaga netralitas dan integritas dalam setiap ketugasannya. Mengingat ritme pengawasan yang tak mengenal waktu dan hari libur, Panwaslu Kecamatan diharapkan dapat menjaga kesehatannya agar tetap prima sehingga dapat melakukan pengawasan dengan optimal.


Setelah acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan yang berlangsung hingga tanggal 29 Oktober 2022 dengan narasumber dari jajaran pimpinan Bawaslu Kabupaten Sleman. (*)