Lompat ke isi utama

Berita

Ketua PPDI Bersama Bawaslu Sleman Optimistis Pemilu 2024 Inklusif

Ketua PPDI Bersama Bawaslu Sleman Optimistis Pemilu 2024 Inklusif

SLEMAN -- Harapan Pemilu 2024 inklusif dan aksesibel bagi penyandang disabilitas bakal terwujud bila semua stakeholder mampu berkolaborasi untuk menyukseskannya. Demikian disampaikan Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas (PPDI) Kabupaten Sleman, Sukamto, saat menerima silaturahmi kelembagaan Bawaslu Sleman di Kantor Sekretariat PPDI Sleman, Bokoharjo, Prambanan, Senin, 30 Mei 2022.


Sukamto secara panjang lebar menceritakan harapannya untuk Pemilu 2024. “Harapan kami agar penyandang disabilitas bisa diakomodir dalam Pemilu bisa terwujud dari tahun ke tahun. Kami sudah menyampaikan kepada KPU Kabupaten Sleman dalam mendata penyandang disabilitas harus detail dan kalau perlu menanyakan ke keluarga, ada penyandang disabilitasnya atau tidak, biar clear, semua masalah hak pilih bisa terselesaikan,” tuturnya.


“Bawaslu punya peran untuk memberikan dukungan kepada kami dan kami pun mendukung program Bawaslu Sleman untuk mengadvokasi penyandang disabilitas, terutama pemahaman kepemiluan dan pengawasan. Insya Allah kami ada pertemuan rutin bulanan, nanti Bawaslu kami beritahukan,” lanjut Kamto.


Hadir dalam audiensi, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa dengan didampingi Anggota Bawaslu Kabupaten Sleman, Mujiburrahman dan Ibnu Darpito. Secara kelembagaan, Bawaslu Sleman juga menaruh harapan yang sama dengan PPDI.


“Kami sejalan dengan PPDI, silaturahmi ini sebagai awal kami berkoordinasi untuk Pemilu 2024. Kami mulai akan mengadakan sosialisasi untuk sahabat penyandang disabilitas di pertengahan Juni 2024, kemudian kami lanjutkan untuk diskusi, kalau perlu dibuatkan forum khusus penyandang disabilitas peduli pemilu, sebagai sarana komunikasi dua lembaga,” kata Karim.


“Ke depan, kita harus berkolaborasi agar penyandang disabilitas terpenuhi haknya sejak informasi dan sosialisasi yang aksesibel bagi seluruh penyandang disabilitas di semua kategori. Insya Allah Bawaslu siap,” sambungnya.


Bawaslu Sleman dan penyandang disabilitas akan terus berkoordinasi menuju Pemilu 2024, dimulai dari tahapan 14 Juni 2022 mendatang. (*)