Lompat ke isi utama

Berita

Ketua Bawaslu Sleman Sampaikan Pengawasan Tahapan Pemilu di Rapat Forkopimda

Ketua Bawaslu Sleman Sampaikan Pengawasan Tahapan Pemilu di Rapat Forkopimda

SLEMAN-Dalam rangka melanjutkan koordinasi terkait pengawasan tahapan Pemilu 2024 dengan para pemangku kepentingan, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa, mengahadiri Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sleman pada Senin, 22 Agustus 2022.


Dihadiri oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo dan dibuka oleh Asisten Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H.Y. Aji Wulantara, rapat ini berlangsung di Ruang Rapat Bupati Lantai III Gedung Kaca Pemerintah Kabupaten Sleman, Rapat Forkopimda ini diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Sleman dengan tema Kick Off Tahapan Pemilu Serentak 2024.


Dalam kesempatan ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa, menyampaikan tentang hasil pengawasan dan kinerja Bawaslu Kabupaten Sleman sejak dimulainya tahapan Pemilu 2024 pada 24 Juni lalu.


“Kepada bapak/ibu pimpinan yang hadir di ruangan ini, kami sampaikan terkait pengawasan Pemilu 2024 telah kami laksanakan sejak Juni kemarin dan untuk sosialisasinya kepada masyarakat kami lakukan bersama dengan Kesbangpol”, tuturnya.


“Untuk saat ini, tahapan yang sedang kami awasi adalah tahapan pendaftaran partai politik peserta Pemilu yang sudah memasuki fase verifikasi administrasi (vermin), berlangsung sejak 16 Agustus sampai dengan 29 Agustus 2022. Pengawasan vermin ini bertujuan untuk melihat kelengkapan berkas pendaftaran seperti keanggotaan, kepengurusan, alamat dan domisili kantor, serta afirmasi keterwakilan perempuan. Secara nasional, terdapat 24 partai politik yang dinyatakan lengkap berkasnya dan masuk Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU RI, 23 diantaranya berada di Kabupaten Sleman”, lanjutnya.


“Terkait dengan lembaga lain, saat ini Bawaslu Kabupaten Sleman juga sedang membentuk tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) bersama dengan Kepolisian dan Kejaksaan yang akan resmi dikukuhkan pada Oktober 2022”, lanjutnya kembali.


Selain itu, pria yang akrab disapa dengan nama Gus Karim ini juga menyampaikan tentang rencana persiapan rekrutmen Panwaslu Kecamatan yang akan segera dilaksanakan pada akhir Agustus ini. Untuk itu, Bawaslu Kabupaten Sleman mengharapkan dukungan dari jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, baik fasilitas PNS di kecamatan/kapanewon untuk posisi Koordinator Sekretariat dan Bendahara, dan juga dukungan fasilitas untuk melakukan sosialisasi terkait rekrutmen ini melalui website/media sosial Pemkab Sleman dan Dinas Kominfo.


Selain dihadiri oleh Bupati Sleman, Asisten Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, dan Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, rapat ini juga dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Sleman, Trapsi Haryadi, Kapolres Sleman, AKBP. Imam Rifa’i, Komandan Kodim 0732 Sleman, Letkol Arm. Danny Arianto Pardamean Girsang, Kajari Sleman, Widagdo, S.H., Kepala Disdukcapil Kabupaten Sleman, Susmiarto, dan Kepala Bakesbangpol Kabupaten Sleman, Drs. Hery Sutopo.(*)