Lompat ke isi utama

Berita

Kapolres Sleman Sambut Baik Sinergitas Bawaslu Sleman

Kapolres Sleman Sambut Baik Sinergitas Bawaslu Sleman

Masih dalam suasana hari raya Idul Fitri 1442 H Bawaslu Kabupaten Sleman melakukan kunjungan silaturahmi kepada Kapolres Sleman, Selasa (18/05/2021). Dalam kesempatan tersebut, rombongan Bawaslu Sleman dipimpin oleh Ketua Bawaslu Sleman M. Abdul Karim Mustofa dengan didampingi anggota Bawaslu Sleman yaitu Ibnu Darpito, Arjuna Al Ichsan Siregar, Vici Herawati bersama dengan Kepala Kesekretariatan, Suparno. Kunjungan tersebut diterima langsung  oleh Kapolres Sleman AKBP Anton Firmanto, S.H S.IK, M.SI dengan didampingi Kasatreskrim AKP Deni Irwansyah, SE, S.IK.

Mengawali perbincangan, Karim  Mustofa menjelaskan tujuan dari silaturahmi ini adalah untuk menjalin silaturahmi baik secara pribadi dan kelembagaan dalam upaya menjaga sinergitas kelembagaan khususnya kerjasama yang sudan dijalin antara Bawaslu Kabupaten dan Polres Sleman dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020. Karim dalam kesempatan yang sama juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada Kapolres dan jajarannya. “Kami di hari yang fitri ini mengucapkan Selamat Idul Fitri sekaligus terimakasih kepada Kapolres Sleman atas kerja sama dalam pengawasan pelaksanaan Pemilihan Buparti dan Wakil Bupati Sleman tahun 2020 yang telah berjalan dengan lancar dan semoga dalam silaturahmi ini bisa meningkatkan kerjasama yang telah dijalin, terutama dalam persaiapan pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024”, katanya.  

Sementara itu, Kapolres Sleman,  AKBP Anton Firmanto, S.H S.IK, M.SI dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih atas silaturahmi dari Bawaslu Sleman dan berharap agar koordinasi yang sudah baik yang dijalin  selama ini dapat dilanjutkan dan ditingkatkan demi mengawal suksesnya pelaksanaan Pemilu/Pemilihan selanjutnya ditahun 2024.” Kami mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari Bawaslu Sleman dan semoga kerja sama ini dapat dilanjutkan walaupun nantinya saya sudah tidak menjabat sebagai Kapolres Sleman”, ujarnya.

”Pengalaman dalam Pemilihan Presiden Tahun 2019 ketika saya menjabat di DKI Jakarta, menjadi modal dan pengalaman saya ketika dipercaya menjadi  Kapoles di Sleman ini, guna bagaimana caranya untuk dapat menjadikan pelaksanaan Pemilihan di Sleman dapat berjalan dengan tertib dan lancar, apalagi Pemilihan dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19. Alhamdulillah dengan kerjasama dan sinergitas dengan berbagai pihak baik TNI, KPU dan terutama Bawaslu  Sleman pelaksanaan pemilihan dapat berjalan dengan lancar”, jelas Kapolres alumni Akpol tahun 2000 ini. “Melalui kunjungan ini Kapolres berharap Bawaslu dan Polri dapat  meningkatkan sinergitas dan koordinasi dalam menghadapi Pemilu 2024 yang tentunya lebih kompleks dan banyak tantangannya”, imbuh Pria asal Cirebon ini.

Dalam kegiatan ini Kapolres juga menyampaikan tentang bagaimana Polres Sleman dapat mengelola ITK (Indeks Tata Kelola) kerawanan konflik yang di Kabupaten Sleman ini termasuk tinggi namun dapat mengelola dengan baik sehingga mendapatkan penghargaan dari Kapolri.

Di akhir kunjungan Bawaslu Kabupaten Sleman memberikan apresiasi dan piagam penghargaan mitra pengawasan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020 kepada Kapolres Sleman yang telah melaksanakan tugas pengamanan dan upaya menjaga kondusifitas Sleman dengan baik dan lancar selama Pilkada berlangsung.