Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Pemilu 2024, Sentra Gakkumdu Sleman Bangun Sinergi

Jelang Pemilu 2024, Sentra Gakkumdu Sleman Bangun Sinergi

SLEMAN-Tahapan pemilu 2024 sudah mulai berjalan dan dipastikan akan mengalami dinamika perpolitikan yang luar biasa.

Hal ini dikatakan oleh M. Abdul Karim Mustofa, Ketua Bawaslu Sleman saat membuka rapat koordinasi fasilitasi Sentra Gakkumdu Sleman di Manohara Hotel, Selasa, 11 September 2022.

"Pentingnya koordinasi tripatrit Sentra Gakkumdu Sleman yakni Bawaslu Sleman, Kejari Sleman, dan Polresta Sleman guna menyiapkan diri dalam pemilu 2024. Pastinya akan dinamis dan berpotensi adanya konflik kepentingan sekaligus terjadi dugaan pidana pemilu dalam setiap tahapannya, sambut Karim.

"Sentra Gakkumdu dilahirkan karena adanya potensi atau dugaan pidana pemilu yang terjadi dan harus diselesaikan bersama dalam pembahasan dan penanganan pelanggaran sejak  penyelidikan, penyidikan, dan mengawal putusan pengadilan, tambah Karim.

Rapat koordinasi fasilitasi Sentra Gakkumdu yang diselenggarakan Bawaslu Sleman ini baru pertama kali diselenggarakan dengan mengundang unsur Kejari dan Polresta Sleman yang tergabung dalam Tim Sentra Gakkumdu Sleman,

Ibnu Darpito, Kordiv Penanganan Pelanggaran Dan Data Informasi Bawaslu Sleman menaruh harapan terhadap rakord fasilitasi Sentra Gakkumdu saat akhir acara. "Kita semoga bisa mengawali koordinasi ini dengan semangat yang sinergis antar personil dan Tim SG yang terbentuk dan kedepan bisa intensif membangun kebersamaan dalam proses penanganan pelanggaran tindak pidana pemilu dalam satu frame pemahaman yang sama baik terkait ketentuan di UU 7 tahun 2017, Per Bawaslu 31 tahun 2018 dan Peraturan Bersama tahun 2020, tutup Ibnu.(*)