Lompat ke isi utama

Berita

Jalankan Fungsi Pencegahan, Bawaslu Sleman Audiensi ke Setda dan Kejaksaan

Jalankan Fungsi Pencegahan, Bawaslu Sleman Audiensi ke Setda dan Kejaksaan


SLEMAN-Dalam rangka menjalankan fungsi pencegahan dan menguatkan kembali sinergitas antara lembaga pengawas Pemilu dan para pemangku kepentingan, jajaran pimpinan dan sekretariat Bawaslu Kabupaten melakukan audiensi ke Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sleman dan Kejaksaan Negeri (Kajari) Sleman pada Rabu, 27 September 2023.


Pada pertemuan dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman dan jajarannya,Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar, S.Sos.,M.H., menyampaikan tentang perlunya penguatan sinergitas dan kerjasama kelembagaan antara jajaran pengawas Pemilu di wilayah Sleman Sembada ini dengan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman.


“Sinergi yang terjalin kuat, komunikasi dan kerjasama kelembagaan yang terwujud dengan baik tentunya sangat mendukung kerja-kerja pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Sleman untuk mewujudkan Pemilu yang bersih dan berintegritas, termasuk di dalamnya adalah terkait dengan pengawasan netralitas ASN di lingkungan Pemkab Sleman,” ujar pria alumni Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto ini.


Di sisi lain, Sekda Kabupaten Sleman, H. Harda Kiswaya, S.E.,M.Si., menuturkan jika Pemkab Sleman siap mendukung apapun kebutuhan Bawaslu Kabupaten Sleman yang terkait dengan tugas pengawasannya. Selain itu, Harda juga berpesan kepada jajaran pimpinan di Bawaslu Kabupaten Sleman untuk dapat menjaga kedekatan yang sama dengan semua partai politik dan dapat menjaga ritme kerjanya dengan baik karena waktu kerja pengawas Pemilu yang nyaris tidak mengenal jam dan hari, meskipun saat ini kondisi sumber daya manusianya masih terbatas.


Sementara itu, pada hari yang sama, Anggota Bawaslu Kabupaten Sleman, Antonius Hery Purwito, saat melakukan audiensi dengan Kepala Kajari Sleman, Widagdo,S.H.,M.H., meminta dukungan Kejaksaan dalam tugas penanganan pelanggaran pidana Pemilu yang diampu oleh Bawaslu Kabupaten Sleman di tim Sentra Gakkumdu (penegakan hukum terpadu).


Sehubungan dengan hal itu, Widagdo mengatakan jika lembaga yang dipimpinnya siap untuk membantu kebutuhan Bawaslu Kabupaten Sleman, baik secara administrasi maupun personel. Intinya, jalinan komunikasi, koordinasi, dan kebersamaan akan selalu dibangun dengan baik sekaitan dengan pengawasan tahapan Pemilu 2024 ini, pungkasnya.(*)