Lompat ke isi utama

Berita

Ikuti Rakor Persiapan Pilkada Serentak dengan Kemendagri

Ikuti Rakor Persiapan Pilkada Serentak dengan Kemendagri

Memasuki hari pertama kerja di era ‘New Normal’, Jumat, 5 Juni 2020, Bawaslu Kabupaten Sleman mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pilkada Serentak dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Rakor yang digelar secara daring itu dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.


Turut hadir dalam Rakor tersebut Ketua Bawaslu RI Abhan, komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi, Ketua DKPP RI Muhammad, gubernur, bupati, wali kota, jajaran Bawaslu dan KPU di 270 daerah yang akan menggelar Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota Tahun 2020.

Termasuk, empat anggota Bawaslu Kabupaten Sleman Arjuna Al Ichsan Siregar, Sutoto Jatmiko, Vici Herawati, dan Ibnu Darpito yang turut menyaksikan rakor secara bersama-sama di ruang rapat Kantor Bawaslu Kabupaten Sleman.


Kepada seluruh peserta rakor, Mendagri menyampaikan terkait anggaran Pilkada yang sebelumnya telah termuat dalam Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Apakah ada kendala atau tidak karena mulai tanggal 15 Juni Bawaslu dan KPU akan aktif kembali melanjutkan tahapan Pilkada yang tertunda karena pandemi Covid-19.


Mendagri juga meminta agar dilakukan restrukturisasi anggaran Pilkada yang ada dalam NPHD yang sebelumnya dibekukan.


“Kami meminta kepada Bawaslu dan KPU agar melakukan restrukturisasi anggaran tidak langsung mengajukan anggaran tambahan ke pemerintah daerah masing-masing,” kata Mendagri yang pernah menjabat sebagai Kapolri ini.


Senada dengan Mendagri, Ketua Bawaslu RI Abhan berpesan agar Bawaslu di seluruh Indonesia yang akan melanjutkan pengawasan Pilkada melakukan restrukturisasi anggaran.


“Restrukturisasi anggaran dilakukan agar dapat menentukan mana saja anggaran yang alokasinya bisa dialihkan dan kegiatan mana yang memang benar-benar memerlukan anggaran tambahan,” kata Abhan.


Rakor online bersama Kemendagri yang diikuti oleh Bawaslu Kabupaten Sleman ini dimulai pada pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 11.00 WIB.


Terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman M Abdul Karim Mustofa mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyusun rancangan restrukturisasi anggaran Pemilihan Bupati Sleman tahun 2020 pada masa pandemic Covid-19.


“Rencananya, Senin besok (8 Juni 2020) rancangan ini akan dibahas bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Sleman,” ujarnya seusai mengikuti Rakor Persiapan Pilkada Serentak dengan Kemendagri di Smart Room Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman. (*)