Lompat ke isi utama

Berita

Ikuti Apel Siaga Daring, Bawaslu Sleman Siap Awasi Pemilu 2024

Ikuti Apel Siaga Daring, Bawaslu Sleman Siap Awasi Pemilu 2024

SLEMAN – Bertempat di halaman Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sleman, jajaran Bawaslu Kabupaten Sleman mengikuti Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 secara daring yang dilaksanakan secara serentak oleh Bawaslu RI dan jajaran Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia, Selasa, 14 Juni 2022.

Pelaksanaan apel siaga ini sebagai wujud komitmen Bawaslu dan jajarannya untuk bersiap sekuat tenaga mengawasi penyelenggaraan tahapan Pemilu 2024 yang secara resmi dimulai hari ini berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024. Apel Siaga ini dipimpin secara langsung oleh Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

“Apel ini wujud komitmen Bawaslu mulai dari tingkat pusat sampai jajaran terbawah untuk menyukseskan peyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang agar berjalan secara demokratis,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa seusai mengikuti Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024.

Kesiapan Bawaslu Sleman dalam mengawasi tahapan Pemilu 2024, jelas Karim, tak hanya kesiapan fisik personel semata, namun juga keahlian atau skill pengawasan. Sejak dini, Bawaslu Sleman secara rutin melakukan peningkatan kapasitas sebagai modal menghadapi penyelenggaraan tahapan Pemilu ini.  

“Kita ketahui bersama bahwa tantangan penyelenggaraan Pemilu ke depan tidaklah mudah, banyak tantangan yang harus dihadapi, apalagi Pemilu besok juga akan dilanjutkan dengan pelaksanaan Pilkada Serentak secara nasional, tentu butuh persiapan yang matang,” kata Karim.

Sesuai Peraturan KPU tentang Tahapan dan Jadwal Pemilu 2024, lanjut Karim, tahapan terdekat yang akan diawasi Bawaslu adalah pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu 2024. Berkaca pada Pemilu 2019 di Kabupaten Sleman, tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu masih dijumpai berbagai permasalahan.

“Diantaranya soal kepengurusan ganda partai politik peserta Pemilu, pencatutan nama ASN, TNI, dan Polri yang mendukung peserta Pemilu tertentu, nah…, ini kan tidak diperbolehkan oleh undang-undang,” jelasnya.


Melalui Apel Siaga ini, tambah Karim, praktis mulai hari ini ajaran Bawaslu harus stand by dan siap selalu dalam mengawasi proses tahapan Pemilu 2024. Melalui pengawasan Pemilu yang baik, diharapkan pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 di Kabupaten Sleman akan berjalan dengan lancar dan damai, tanpa kendala yang berarti.

“Mulai detik ini, kami harus sudah siap selalu 24 jam mengawasi tahapan Pemilu ini,” ujarnya. (*)