Lompat ke isi utama

Berita

Hujan Renvoi dalam Pleno DPT, Bawaslu Sleman Ambil Sikap

Hujan Renvoi dalam Pleno DPT, Bawaslu Sleman Ambil Sikap

Hari ini, Kamis (15/10/2020) KPU Kabupaten Sleman menggelar pleno rekapaitulasi DPS Hasil Perbaikan atau DPS HP dan penetapan DPT pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020.

Bawaslu Sleman juga diundang oleh KPU untuk menyaksikan proses pleno sekaligus pengawasan terhadap pembacaan rekapitulasi bilamana terdapat data dan angka invalid.

"Kami diundang pleno terbuka oleh KPU Sleman tentu kami tidak akan menyiakan kesempatan kami untuk kritis terhadap pelaksanaan pleno. Kami siapkan beberapa data bermasalah saat di kecamatan, tambahan data baru baik Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), kata Karim, Ketua Bawaslu Sleman.

"Bawaslu Sleman juga telah mendata beberapa BA DPS HP PPK banyak yang salah input dimana ada penjumlahan yang tidak pas, perbedaan angka pada BA DPS HP tingkat desa dengan DPS HP tingkat kecamatan dan ada saran perbaikan yang belum ditindaklanjuti oleh PPK, kata Karim, Alumni UIN Sunan Kalijaga ini.

Sementara itu dalam pembacaan rekapitulasi DPS HP seluruh Kecamatan yang dipimpin oleh anggota KPU Sleman, Indah Sri Wulandari, banyak PPK yang ambil suara. 17 PPK se Kabupaten Sleman semua menyatakan ada renvoi perbaikan data.

Terhadap hal tersebut Karim memberikan sikap. "Kami mengapresiasi semua PPK telah tertib administrasi perihal perbaikan data ini, mereka menindaklanjuti saran perbaikan yang disampaikan oleh Panwascam dan Bawaslu Kabupaten Sleman. Renvoi adalah upaya legal untuk memperbaiki data yang salah dan KPU telah melakukannya dengan baik, sikap Karim.

Akhirnya setelah renvoi dilakukan bersama-sama PPK dan tidak muncul kembali data yang salah, KPU menetapkan DPT 2020 dengan jumlah laki-laki sebanyak 385.203 dan perempuan sebanyak 407.722 serta jumlah keseluruhan 792. 925 pemilih.