Lompat ke isi utama

Berita

Hadiri Pelantikan PPK, Bawaslu Sleman Harapkan PPK Jadi Mitra Panwascam

Hadiri Pelantikan PPK, Bawaslu Sleman Harapkan PPK Jadi Mitra Panwascam

Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020 terus berjalan. Setelah beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada 19 sd 23 Februari 2020, KPU Sleman dijadwal menerima penyerahan syarat dukungan pencalonan perseorangan meski akhirnya bapaslon batal menyerahkan.

Beriringan dengan tahapan pencalonan, KPU Sleman juga sedang melangsungkan tahapan rekrutmen calon PPK Se Kabupaten Sleman, dan hari ini mereka yang lolos seleksi administrasi, tertulis, dan wawancara dilantik dan diambil sumpahnya di depan Bupati Sleman, Forkompimda dan Bawaslu Kabupaten Sleman dan beberapa tamu undangan. Pelantikan sebanyak 85 anggota PKK tersebut dilakukan oleh Ketua KPU Sleman, Trapsi Haryadi di Hotel Cakra Kusuma, Sabtu (29/2/2020).

Pasca pelantikan, Ketua KPU Sleman, Trapsi Haryadi mengatakan PPK akan membantu kinerja KPU Sleman dalam setiap tahapan Pilkada Sleman 2020. Sehingga, keberadaan PPK sangat strategis untuk menyukseskan pemilihan Bupati Sleman dan Wakil Bupati Sleman.

“KPU harus merangkul elemen lain yang tentu strategis guna menyukseskan Pilkada Sleman 2020 seperti Camat, Danramil dan Kapolsek,” kata Trapsi Haryadi.

Pada kesempatan yang sama didepan 85 PPK terlantik, Bupati Sleman Sri Purnomo berpesan, tugas PPK sangat penting dalam menjalankan tahapan Pilkada Sleman 2020. PPK menjadi instrumen yang sangat penting bersama KPU. Oleh karena itu, Sri Purnomo berharap anggota PPK dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan baik dengan KPU Sleman demi suksesnya Pilkada Sleman 2020.

“Suksesnya Pilkada Sleman indikatornya adalah partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya tinggi. Kalau sebelumnya partisipasi masyarakat yang ikut Pilkada Sleman 84 persen, untuk tahun 2020 diharapkan bisa meningkat”, kata Bupati. “Saya harapkan juga, anggota PPK yang dilantik bisa menjaga netralitasnya sebagai penyelenggara pemilihan. Jangan sampai kasus di Pemilu 2019 kemarin terulang di Pilkada ini, ada oknum anggota PPK yang sampai tersandung hukum bahkan sampai inkrah di pengadilan”, sambung Bupati.

Sementara itu, Bawaslu Kabupaten Sleman yang diwakili oleh M. Abdul Karim Mustofa dan Arjuna al Ichsan Siregar duduk berdampingan di samping Dandim dan Kapolres Sleman dalam menyaksikan pelantikan dan pengambilan sumpah anggota PPK. Karim sempat menyampaikan pesan di luar forum kepada ketua KPU Sleman agar PPK benar-benar mampu menjaga independensi dan netralitasnya sebagai penyelenggara pemilihan.”Bawaslu mengharapkan anggota PPK terlantik ini bisa menjaga netralitas dan integritasnya, dan yang terpenting kami punya pasukan di kecamatan bernama Panwaslu Kecamatan, bisa dijadikan mitra strategis untuk menyukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman ke depan, tutup Karim.