Lompat ke isi utama

Berita

Hadapi Pilkada 2020 Bawaslu Sleman Audiensi dengan Kejari Sleman

Hadapi Pilkada 2020 Bawaslu Sleman Audiensi dengan Kejari Sleman

Sleman – Tahapan Pilkada Serentak 2020 sudah dimulai sering dengan terbitnya PKPU 15/2019 tentang tahapan penyelenggraan Pemilihan tahun 2020. Sebagai lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengawasi jalannya tahapan Pilkada, Bawaslu Sleman melakukan berbagai persiapan. Salah satunya dengan menjalin komunikasi dan koordinasi dengan lembaga penegak hukum, Kejaksaan Negeri Sleman.

Hari Rabu (20/11/2019), Ketua Bawaslu Sleman M. Abdul Karim Mustofa,  beserta 2 (dua) anggota Bawaslu Sleman lainnya: Sutoto Jatmiko dan  Vici Herawati beserta staf melakukan audiensi dengan Kejaksaan Negeri Sleman. Rombongan diterima oleh Kepala Kejaksaan Negeri Sleman, Bambang Surya Irawan, Kasi Intel Yoyot Apriono dan Kasubsi Idhipolhankamsosbudmas Terry Endro Arie Wibowo.

Abdul Karim  dalam silaturahminya menjelaskan, tujuan audiensi ini adalah untuk meningkatkan komunikasi antara Bawaslu Sleman dan Kejaksaan Negeri Sleman berkaitan dengan persiapan pilkada 2020. “Penting bagi kami untuk bersama-sama dan berkoordinasi menjalin hubungan antar lembaga, melanjutkan kerjasama yang sudah terbangun baik dalam pelaksanaan Pemilu 2019 kemarin yang nantinya dalam pilkada 2020 menjadi semakin baik.” katanya.

Vici Herawati menambahkan, “Apresiasi yang tinggi kami ucapkan kepada Kejaksaan Negeri Sleman dalam pelaksanaan Pemilu 2019 yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu Kabupaten Sleman telah berhasil menangani 2 (dua) pelanggaran pidana pemilu sampai dengan inkrah, yang oleh Bawaslu DIY prestasi tersebut diajukan dalam Bawaslu Award 2019 mewakili DIY dalam kategori Penanganan Pelanggaran Terbaik dan Sentra Gakkumdu Terbaik”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Sleman,  Bambang Surya Irawan, dalam kesempatan tersebut menyampaikan hasil koordinasi persiapan Pilkada 2020, Bulan depan akan segera menunjuk Jaksa yang ditugaskan dalam personil Sentra Gakkumdu Kabupaten Sleman yakni dari Jaksa Pidum (Pidana Umum) dan Intel agar dapat seimbang dalam sudut pandang pidana dan politik. Bambang juga berharap Kejaksaan Negeri Sleman dan Bawaslu Sleman dapat selalu bersinergi agar pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Sleman dapat berjalan dengan lancar.

Sinergi Bawaslu-Kejari Sleman dibahas panjang dalam audiensi pertama tersebut. Karim menyampaikan bakal berkoordinasi kembali dengan Kejari pada waktu mendatang guna menyamakan persepsi terkait dinamika penanganan dugaan pelanggaran pilkada dan pasal-pasal pidana yang menyertainya.  Mengakhiri audiensi pada kesempatan tersebut Kepala Kejaksaan Negeri Sleman juga memberikan pesan dan motivasi dalam bentuk video pendek yang berisi ajakan untuk mensukseskan Pilkada 2020 yang nantinya akan digunakan untuk sosialisasi yang akan di upload di Youtube, website dan Medsos Bawaslu Sleman.