Lompat ke isi utama

Berita

Di Grand Keisha, Panwascam Dibekali Tata Kelola Administrasi Keuangan

Di Grand Keisha, Panwascam Dibekali Tata Kelola Administrasi Keuangan

Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020 ini sudah mulai berjalan aktif dan dan Bawaslu Sleman terus menggenjot kesiapan pengawasan Panwascam dari berbagai sisi.

Salah satu kesiapan yang perlu ditekankan adalah terkait tata kelola administrasi dan keuangan Panwascam khususnya untuk Kepala Sekretariat, Bendahara dan staf yang membidangi keuangan.

Untuk itu pada tanggal 28 - 29 Januari 2020, Bawaslu Kabupaten Sleman menyelenggarakan acara Pembinaan Pengelolaan Administrasi Keuangan dan Barang Milik Negara.

Bertempat di Grand Keisha Hotel Yogyakarta, acara tersebut diikuti oleh 51 orang peserta yang terdiri dari Kepala Sekretariat, Bendahara, dan Staf Keuangan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan se - Kabupaten Sleman.

Acara dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa. Dalam sambutannya, Abdul Karim Mustofa mengatakan bahwa anggaran Pilkada 2020 berasal dari hibah daerah dan harus dikelola dengan baik dan penuh tanggungjawab.

"Telah kita ketahui bersama bahwa anggaran pengawasan Pilkada 2020 adalah berasal dari dana hibah daerah yang nota perjanjiannya telah ditandatangani tanggal 30 September 2019 lalu",kata Karim.

"Total dana yang akan dicairkan mencapai 7,6 Miliar Rupiah. Oleh sebab itu, Saya meminta kepada Panwascam agar dapat mengelola dengan baik anggaran yang diberikan. Jangan sampai ada SPJ - SPJ fiktif", pungkas Karim.

Dalam acara Pembinaan Administrasi Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Negara tersebut, beberapa materi yang disampaikan antara lain adalah Evaluasi Kelembagaan oleh Vici Herawati, selaku Anggota Bawaslu Kabupaten Sleman, Petunjuk Pelaksanaan dan Teknis Pembuatan Laporan Pertanggungjawaban oleh Drs. Suparno selaku Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sleman, dan Teknis Pembukuan dan Pelaporan Dana Hibah oleh Sunardi selaku Bendara Pengeluaran Pembantu Bawaslu Kabupaten Sleman.

Dalam dua hari pembekalan tersebut, diharapkan semua peserta memahami dan melaksanakan dengan baik demi administrasi keuangan yang lebih akuntabel.