Lompat ke isi utama

Berita

Bersama Pemda, Bawaslu Sleman Ikuti Syawalan Virtual dengan Gubernur DIY

Bersama Pemda, Bawaslu Sleman Ikuti Syawalan Virtual dengan Gubernur DIY

Pemerintah provinsi DIY menggelar acara Syawalan secara virtual atau dalam jaringan (daring) bersama Pemerintah Kabupaten/Kota se-DIY dan menyertakan beberapa lembaga yang tergabung dalam Forkopimda Kabupaten/Kota se-DIY pada Senin, 31 Mei 2021, dipimpin langsung oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X di Gedhong Pracimasana, Komplek Kepatihan Yogyakarta.

Turut hadir dalam kegiatan Syawalan Virtual Idul Fitri 1442 H itu Bupati dan Wakil Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo bersama Danang Maharsa, Sekda Sleman, Kapolres Sleman, Dandim 0732 dan kepala lembaga-lembaga terundang, termasuk Bawaslu Kabupaten Sleman di Smart Center Kominfo dan ruang rapat Pemda Sleman.

Syawalan Virtual Idul Fitri 1442 H bersama Gubernur dan Wakil Gubernur DIY dibuka dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan pertunjukkan tarian Mangayu-Ayu dari Dinas Kebudayaan DIY. Pada kesempatan berikutnya disampaikan ikrar Syawalan oleh seluruh Bupati dan Walikota di Provinsi DIY yang diwakili oleh Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti yang menekankan tentang semangat mewujudkan Jogja Istimewa di tengah pandemi saat ini.

Selain ikrar syawalan dari Bupati dan Walikota se-DIY juga disampaikan ikrar dari kementerian di tingkat pusat, antara lain Kementerian Sekretariat Negara yang diwakili oleh Pratikno dan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan yang diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mohammad Mahfud MD.

Puncak dari acara Syawalan Virtual Idul Fitri 1442 H Gubernur dan Wakil Gubernur DIY adalah sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dalam sambutannya, Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono X menekankan konsep kebenaran universal yang mengedepankan etika dan kemanusiaan sebagai pemaknaan terdalam dari tauhid sesuai ajaran elementer Islam, yaitu Rahmatan Lil Alamin (berkah bagi seluruh alam semesta). Ngarsa Dalem juga mengutarakan bahwa sesungguhya manusia adalah khalifah di atas bumi, bukannya pesakitan yang diburu, menerima arti penting manusia merupakan makna Idul Fitri yang sebenarnya.

Ikrar Syawalan Virtual Idul Fitri 1442 H pada tahun ini cukup berbeda karena ada ucapan perwakilan masyarakat kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Mereka adalah perwakilan masyarakat, perwakilan guru, dan tenaga kependidikan, tenaga kesehatan, kelompok petani dan nelayan yang diwakili oleh masing-masing kabupaten dan kota di Provinsi DIY. Kabupaten Sleman sendiri, wakil masyarakat disampaikan oleh Lurah Sariharjo Ngaglik Sleman, Drs.H. Sarbini.

Bawaslu Kabupaten Sleman yang hadir dalam Syawalan virtual ini diwakili oleh Ketua, M. Abdul Karim Mustofa menyampaikan kepada Gubernur DIY dan Wakil Gubernur, Bupati dan Walikota dan semua pimpinan lembaga dan masyarakat Sleman, turut mengucapkan Selamat Idul Fitri 1442 H teriring doa Taqabbalallahu Minna wa Minkum, Syiyamana wa Shiyamakum, Minal Aidin wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Amin. (*)