Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Tanda Tangani Perubahan NPHD Pemilihan Bupati Sleman 2020

Bawaslu Tanda Tangani Perubahan NPHD Pemilihan Bupati Sleman 2020

Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, M.SI didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman H. Harda Kiswaya menandatangani perubahan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020 bersama Bawaslu Kabupaten Sleman dan KPU Kabupaten Sleman, di Ruang Praja 1 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Senin, 22 Juni 2020. Hadir dalam acara penandatanganan tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman M. Abdul Karim Mustofa dan Ketua KPU Kabupaten Sleman Trapsi Haryadi mewakili Lembaga masing-masing.

Adapun besaran anggaran perubahan pada masa Pandemi Covid-19 yang disetujui Pemkab Sleman berdasarkan permohonan penambahan anggaran Pemilihan Bupati Sleman Tahun 2020 yang diajukan Bawaslu Kabupaten Sleman sebesar Rp675.400.000 dari total kebutuhan anggaran sebesar Rp9.048.740.000. Dengan demikian, jumlah anggaran Pemilihan Bupati Sleman Tahun 2020 yang disetujui Pemkab Sleman untuk Bawaslu sebesar Rp8.281.045.000. Sementara, kekurangan anggaran sebesar Rp767.695.000 akan diusulkan untuk dipenuhi melalui APBN.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman M. Abdul Karim Mustofa mengatakan, secara umum penambahan anggaran Pemilihan Bupati Sleman untuk Bawaslu diprioritaskan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi jajaran Pengawas Pemilu yang akan mengawasi tahapan Pemilihan yang sedang berlangsung.

“Bawaslu akan melakukan optimalisasi dan efisiensi anggaran NPHD menyesuaikan kondisi Pandemi Covid-19,” kata Karim.

Selama menyusun rancangan perubahan dana NPHD ini, lanjut Karim, Bawaslu Kabupaten Sleman senantiasa berkoordinasi dengan seluruh anggota dan kesekretariatan dalam rangka efisiensi anggaran.

“Kami telah menghitung kebutuhan APD untuk seluruh personel Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Desa, dan Pengawas TPS guna mengawasi Pilkada 2020 yang semua kita tahu sedang dalam masa Pandemi Covid-19, dan keputusan bersama kita bisa mengoptimalisasikan sejumlah anggaran dalam NPHD ini,” imbuh Karim.

Karim berharap, dengan adanya penandatanganan NPHD ini pelaksanaan Pemilihan Bupati Sleman Tahun 2020 dapat berjalan sukses dan lancar.