Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sleman Selenggarakan Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu Bersama Panwascam

Bawaslu Sleman Selenggarakan Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu Bersama Panwascam

SLEMAN -- Pascadilantik, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan dituntut untuk langsung menyesuaikan diri dalam pengawasan tahapan yang sedang berlangsung. Sekaitan hal tersebut, Bawaslu Kabupaten Sleman mengundang Panwaslu Kecamatan/Kapanewon se-Kabupaten Sleman untuk hadir dalam kegiatan Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu Bawaslu Kabupaten Sleman dan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sleman pada Senin-Selasa, 31 Oktober-1 November 2022.


Bertempat di Innside Hotel by Melia, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kegiatan ini menghadirkan Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Sleman sebagai narasumbernya. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan pemahaman yang lebih mendalam dan komprehensif terkait pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024 di tiap-tiap tahapannya.


Dalam sambutan yang diberikan saat membuka kegiatan ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa menyampaikan jika seorang Pengawas Pemilu harus jeli dan cermat dalam setiap pengawasan yang dilakukan.


“Dalam melakukan pengawasan, kita harus selalu cermat dalam memperhatikan, mengamati, dan mencatat setiap kegiatan yang sedang kita awasi," tuturnya.


“Namun demikian, saat melakukan pengawasan, kita juga wajib menjaga sikap dan melakukan pendekatan persuasif dalam menghadapi kendala-kendala di lapangan yang bisa saja kita temui sewaktu-waktu," lanjutnya.


Karim pun mengingatkan, agar jajaran Panwaslu Kecamatan di Sleman tidak lupa bila setiap selesai melakukan pengawasan, segera menuangkan hasil pengawasannya dalam Form A pengawasan. "Karena itu merupakan bukti otentik kita dalam melakukan pengawasan jika suatu saat terjadi gugatan atau sengketa hasil Pemilu,” tegasnya.


Sementara itu, Anggota Bawaslu Kabupaten Sleman, Mujibur Rahman,dalam pengantar materinya menjelaskan tentang tahapan verifikasi faktual yang saat ini sedang berlangsung.


Pria yang merupakan alumni UIN Sunan Kalijaga ini mengatakan kepada para peserta yang hadir jika saat ini sedang berlangsung pengawasan tahapan verifikasi faktual keanggotaan partai politik.


“Saat ini Bawaslu sedang melakukan pengawasan tahapan verifikasi faktual keanggotaan partai politik dan ini bisa menjadi momen yang tepat bagi Panwascam untuk segera bergabung menjalankan ketugasannya,” jelasnya.


Selain dihadiri oleh Panwaslu Kecamatan/Kapanewon se-Kabupaten Sleman, kegiatan ini juga dihadiri oleh Alumni SKPP Kabupaten Sleman Tahun 2021, Anggota Senat Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Pengurus KNPI Kabupaten Sleman, dan jajaran Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sleman.(*)