Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sleman Sampaikan Laporan dan Penghargaan ke Bupati Sleman

Bawaslu Sleman Sampaikan Laporan dan Penghargaan ke Bupati Sleman

Ketua, Anggota, dan Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sleman beraudiensi dengan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Kantor Bupati Sleman, Senin, 24 Mei 2021. Audiensi ini dalam rangka menyampaikan secara resmi laporan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020 sekaligus penyerahan piagam penghargaan dari Bawaslu Kabupaten Sleman kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman atas dukungan dan fasilitasi yang telah diberikan dalam rangka mendukung kelancaran penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020.

Hadir dalam audiensi ini Bupati Sleman didampingi jajaran SKPD terkait. Turut pula mendampingi rombongan Bawaslu Kabupaten Sleman Ketua Bawaslu DIY, Bagus Sarwono, Anggota Bawaslu DIY, Sri Rahayu Werdiningsih, dan Kepala Sekretariat Bawaslu DIY, Screening Yosmar Dano.

Dalam audiensi ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa, menyampaikan beberapa hal terkait penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020 lalu.

“Kepada Ibu Bupati, kami sampaikan bahwa penyelenggaraan Pilkada Sleman kemarin berjalan dengan tertib dan lancar, bahkan tidak ada sengketa yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi,” kata Karim membuka dialog.

Semua ini, jelas Karim, berkat kerjasama dan koordinasi yang baik antara Bawaslu Kabupaten Sleman, KPU, dan SKPD terkait, seperti Satpol PP, Dinas Dukcapil, Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Sleman, dan BKAD.

Lebih lanjut, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Sleman ini menjelaskan terkait NPHD atau perjanjian dana hibah Pilkada 2020 sebesar Rp8,2 Milyar yang berasal dari APBD untuk Bawaslu Kabupaten Sleman.

“Mekanisme penggunaannya telah berjalan dengan baik sesuai dengan regulasi. Bahkan capaian dan realisasi anggaran dari dana hibah tersebut telah didokumentasikan ke dalam sebuah buku laporan,” kata Karim.

Dalam kesempatan ini, Karim juga menyinggung tentang peremajaan kendaraan operasional dan tanah hibah dari Pemkab Sleman kepada Bawaslu Kabupaten Sleman yang rencana pemanfaatannya masih perlu tindak lanjut dan arahan dari Bawaslu RI.

Sementara itu, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, yang dalam audiensi ini didampingi oleh Asisten I Bupati, Kepala BKAD, Staf Ahli, dan Humas Protokol Pemkab Sleman, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bawaslu Kabupaten Sleman.

“Kami ucapkan terima kasih atas kedatangannya kepada Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman dan rombongannya di Kantor Bupati Sleman,” kata Kustini.

Pemkab Sleman, lanjut Kustini, juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras Bawaslu Kabupaten Sleman dan jajarannya saat melakukan pengawasan Pilkada Sleman tahun lalu sehingga Pilkada kemarin dapat berjalan dengan tertib, aman, dan lancar.

“Terkait dengan peremajaan kendaraan operasional dan tanah hibah, nanti dapat melakukan koordinasi lebih lanjut dengan dinas atau SKPD terkait,” tutur Kustini.

Mengakhiri audiensi ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman menyerahkan buku laporan pengawasan Pilkada Sleman 2020, buku laporan capaian dan realisasi anggaran dana hibah, serta piagam penghargaan kepada Bupati Sleman. (*)