Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sleman Awasi Langsung Tes Tulis CAT Calon PPS

Bawaslu Sleman Awasi Langsung Tes Tulis CAT Calon PPS

Pada hari Rabu tanggal 4 Maret 2020, Bawaslu Kabupaten Sleman melakukan pengawasan Tes Tulis PPS (Panitia Pemungutan Suara) se - Kabupaten Sleman yang bertempat di Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY).

Menindaklanjuti pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman tertanggal 2 Maret 2020, sebanyak 489 orang yang dinyatakan lolos administrasi wajib hadir dan mengikuti tes tulis dengan sistem CAT pada tanggal 4 Maret 2020.

Tes tulis CAT PPS yang diselenggarakan oleh KPU Sleman ini berlangsung dari Pukul 14.30 sampai dengan Pukul 18.00 WIB. Untuk mempermudah pelaksanaan tes, panitia membagi tes ke dalam tiga sesi dan memakai empat ruangan.

Sesi yang pertama berlangsung Pukul 15.00 - 16.00 WIB. Sesi kedua dilaksanakan Pukul 16.00 - 17. 00 WIB. Sementara sesi ketiga berlangsung pada Pukul 17.00 - 18.00 WIB. Sedangkan untuk ruangan tes, panitia menggunakan ruang laboratorium 1, ruang laboratorium 9, ruang laboratorium 10, dan ruang laboratorium 11 yang berada di lantai empat Kampus Terpadu UTY. Masing - masing sesi tes tulis CAT diawasi oleh komisioner dan staf KPU.

Ditemui terpisah di Kantor Bawaslu Kabupaten Sleman, Ketua Bawaslu Sleman, M. Abdul Karim Mustofa, mengatakan pengawasan ini bertujuan untuk memastikan tes PPS telah dijalankan sesuai dengan prosedurnya.

"Nanti sore, kami meminta kepada staf yang melakukan pengawasan untuk memastikan tes sudah berjalan sesuai dengan prosedur atau tidak",kata Karim yang juga merupakan Koordinator Divisi Pengawasan ini.

"Selain itu, staf yang melakukan pengawasan dapat memperoleh data terkait siapa saja peserta yang tidak hadir dalam tes",pungkas Karim.

Sementara itu, Ketua KPU Sleman, Trapsi Haryadi, saat ditemui di lokasi tes tulis mengatakan bahwa tes tulis telah berjalan dengan lancar sesuai harapan.

"Ini untuk pertama kalinya di Kabupaten Sleman, tes tulis PPS diselenggarakan secara serentak dan menggunakan sistem CAT, dan alhamdulillah telah berjalan dengan lancar",kata Trapsi yang merupakan alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM ini.