Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sleman Ajak Kaum Muda Tolak Tegas Politik Uang

Bawaslu Sleman Ajak Kaum Muda Tolak Tegas Politik Uang


SLEMAN-“Teman-teman di sini ada yang tahu apa saja tugas dari Bawaslu?" Itulah pertanyaan yang dilontarkan oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar, saat menjelaskan materinya kepada para peserta Sosialisasi Pemilu Serentak Tahun 2024 yang berasal dari siswa-siswi SMA sederajat se-Kapanewon Tempel pada Selasa, 21 Februari 2023.


“Jadi teman-teman semuanya, salah satu tugas dan kewenangan Bawaslu adalah memproses dan menangani pelanggaran pemilu,” lanjut Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (P2H) Bawaslu Kabupaten Sleman ini.


“Ragam dari pelanggaran pemilu cukup banyak teman-teman, salah satunya yang masih marak terjadi dan sering dilaporkan ke Bawaslu adalah praktik politik uang,” tuturnya.


“Sehubungan dengan hal itu, untuk mewujudkan pemilu yang bersih dan berintegritas, kita semua harus bisa dengan tegas menolak praktik politik uang ini,” pungkasnya.


Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Sleman, Trapsi Haryadi yang juga menjadi pemateri dalam kegiatan sosialisasi ini mengajak para peserta untuk memberikan hak suaranya pada Pemilu di tanggal 14 Februari 2024 mendatang.


“Sistem demokrasi di negara kita menjamin pergantian kekuasaan berjalan dengan rutin dan konstitusional, dan tiap warga negara yang telah memiliki hak pilih dijamin pula dan difasilitasi hak suaranya dalam pemilu untuk turut serta menentukan jalannya pemerintahan” ungkapnya.


“Untuk itu, jangan lupa untuk memberikan suara kita pada tanggal 14 Februari 2024 nanti untuk memilih presiden-wakil presiden, anggota DPR, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD,” imbuhnya.*