Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Lanjutkan Kerjasama dengan Amikom

Bawaslu Lanjutkan Kerjasama dengan Amikom

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman menyelenggarakan rapat koordinasi (Rakor) secara virtual bersama dengan Universitas Amikom Yogyakarta pada hari Selasa tanggal 13 Juli 2021.

Rakor ini dihadiri oleh Ketua, Anggota, Kepala Sekretariat, Bendahara, seluruh staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sleman, dan civitas akademika Universitas Amikom Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa, mengatakan rakor ini dalam rangka menindaklanjuti kembali kerjasama kelembagaan dengan Amikom.

“Terima kasih kepada pihak Amikom, yang kali ini diwakili oleh Pak Andi dan Pak Rizqi dari LPPM Amikom, telah berkenan untuk hadir pada rakor hari, meskipun kehadirannya secara virtual”, tuturnya.

“Sebelumnya, tahun lalu kerjasama dengan Amikom telah berjalan dengan baik dalam bentuk peningkatan kapasitas terkait teknik pengambilan foto, membuat video pendek, membuat website, dan pelatihan penelurusan berita hoaks bagi jajaran Pengawas Pemilu”, tandasnya.

Sementara itu, Anggota dan Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Datin Bawaslu Kabupaten Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar, berharap kelanjutan kerjasama ini ke depannya dapat makin memudahkan tugas pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu dan berujung ke dalam Perjanjian Kerjasama (PKS) antar Bawaslu Kabupaten Sleman dengan Universitas Amikom Yogyakarta.

“Kami berharap kelanjutan kerjasama ini ke depannya dapat memberikan kemudahan bagi program dan ketugasan Bawaslu seperti pembuatan aplikasi untuk pengawasan daftar pemilih, aplikasi database pendataan Pengawas Pemilu, atau cara – cara dalam mengelola tayangan Podcat dan sosial media yang bagus dan menarik”, jelasnya.

“Selain itu, kami juga berharap kelanjutan kerjasama ini bisa segera diwujudkan ke dalam bentuk Perjanjian Kerjasama atau PKS sehingga lebih konkret dan pasti”, pungkasnya.

Di sisi lain, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Amikom Yogyakarta, Andi Sunyoto, menyampaikan menyambut baik kelanjutan kerjasama ini.

Secara kelembagaan, ia mengatakan merasa bangga jika ke depan nantinya Amikom dilibatkan dalam pembuatan aplikasi - aplikasi yang mendukung kinerja dan tugas pengawasan bagi jajaran Pengawas Pemilu di Bawaslu Kabupaten Sleman.

“Kepada Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Sleman, kami mewakili Amikom mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya selama ini terhadap Amikom sehingga berkenan untuk kembali melanjutkan Kerjasama”, tuturnya.

“Pada prinsipnya, bentuk kerjasama dengan kami dapat melalui LPPM jika itu adalah pengabdian kepada masyarakat dan juga dapat melalui Rektorat jika nantinya kerjasama ini berbentuk tugas akhir atau skripsi dari mahasiswa”, sambungnya.

“Namun, untuk lebih jelas dan detailnya kerjasama dalam hal apa saja yang bisa diwujudkan, sepertinya masih harus dirapatkan di pertemuan selanjutnya, termasuk soal perjanjian Kerjasama yang diinginkan oleh Bawaslu”, tandasnya mengakhiri permbicaraan.