Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Gandeng Radio Pemilu Mengudara

Bawaslu Gandeng Radio Pemilu Mengudara

SLEMAN-Dalam rangka memperkuat sinergi dengan lembaga publik terkait pengawasan tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman melakukan audiensi ke Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Yogyakarta pada Rabu (16/2/2022).

Dalam audiensi yang bertempat di Ruang Rapat RRI Yogyakarta ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa, menyampaikan jika KPU telah menetapkan hari pemungutan suara pemilihan presiden dan anggota legislatif pada hari Rabu 14 Februari 2024 yang menandakan jika tahapan Pemilu tahun 2024 akan segera dimulai, begitupun juga dengan pengawasan tahapannya.

“Beberapa hari yang lalu, KPU RI telah menetapkan tanggal Pemilu Serentak Tahun 2024. Terkait dengan jadwal tersebut, kami sebagai jajaran Pengawas Pemilu tentunya  ada beberapa kegiatan yang ingin kami sosialisasikan, dan kami mengajak berbagai pihak yang bisa diajak kerja sama atau kolaborasi, salah satunya adalah RRI Yogyakarta” tuturnya.

“Mengingat tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 yang semakin dekat, Bawaslu Kabupaten Sleman tentunya merasa berkepentingan untuk mengajak berbagai kalangan, termasuk media elektronik, untuk turut mengawasi penyelenggaraan pesta demokrasi ini”, lanjutnya

“Sehubungan dengan pengawasan tahapan Pemilu ini, rencana ke depannya kami akan mengadakan program siaran bersama RRI Yogyakarta untuk melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat mewujudkan Pemilu yang bersih dan berintegritas, terbebas dari politik uang, kampanye hitam, dan berita – berita hoaks”, pungkasnya.

Senada dengan yang disampaikan oleh M. Abdul Karim Mustofa, Anggota Bawaslu Kabupaten Sleman, Vici Herawati mengatakan jika Bawaslu Kabupaten Sleman memiliki sejumlah program pengawasan partisipatif yang perlu disosialisasikan kepada publik melalui media elektronik.

Vici menuturkan, sepanjang pengawasan tahapan Pemilu nanti, Bawaslu Kabupaten Sleman akan mengajak berbagai kalangan dan stake holder untuk menggaungkan program pengawasan partisipatif ini. Apalagi di bulan Agustus tahun ini Bawaslu Kabupaten Sleman akan memiliki program bernama bulan partisipatif.

Sementara itu, Kepala LPP RRI Yogyakarta, Danang Prabowo, menyatakan, RRI selalu membuka kerja sama dengan berbagai pihak untuk kesuksesan penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024 yang akan datang, apalagi sudah sejak lama RRI menyatakan diri sebagai lembaga penyiaran Pemilu atau radio Pemilu.

“Seperti halnya Bawaslu yang menjadi lembaga pengawas Pemilu, kami selaku lembaga penyiaran publik juga merasa bertanggungjawab untuk menyukseskan Pemilu”, tuturnya.

“Semenjak tahun 2014, RRI telah mendeklarasikan diri sebagai radio Pemilu yang implementasinya diwujudkan melalui kerjasama yang baik dengan penyelenggara Pemilu, dalam hal ini KPU dan Bawaslu, maupun dengan stake holder, pihak akademisi, dan organisasi – organisasi pemantau Pemilu”, sambungnya.

“Berbagai program siaran dan juga berita tentang Pemilu selalu berusaha kami disajikan secara aktual sehingga LPP RRI Yogyakarta merasa wajib untuk menjalin kerjasama sinergis dengan penyelenggara Pemilu seperti yang sudah kami lakukan saat Pilkada tahun 2020 dan Pemilu tahun 2019 yang lalu”, pungkasnya.(*)