Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu dan Dukcapil Komitmen Lanjutkan Kerjasama

Bawaslu dan Dukcapil Komitmen Lanjutkan Kerjasama

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman melakukan audiensi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sleman, Selasa, 18 Mei 2021. Rombongan Bawaslu Kabupaten Sleman yang terdiri atas Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa, dan tiga orang Anggota Bawaslu Kabupaten Sleman, Ibnu Darpito, Vici Herawati, dan Arjuna Al Ichsan Siregar diterima langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sleman, Jazim Sumirat, S.H.,M.Si. didampingi Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, R.R. Endang Mulatsih, S.Sos.,M.Si.


Dalam kesempatan tersebut, M. Abdul Karim Mustofa menyampaikan tujuan dari audiensi ini tidak lain adalah untuk menjalin hubungan yang baik secara pribadi dan kelembagaan dengan jajaran Dukcapil Kabupaten Sleman. “Pertama-tama, kedatangan kami ke Kantor Dukcapil ini adalah untuk menjalin sitalurrahmi,” kata Karim.
Bawaslu Kabupaten Sleman, lanjut Karim, juga menyampaikan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriyah karena masih dalam suasana Lebaran Idul Fitri saat ini.


Adapun kedatangan Bawaslu ke Ducapil, sambungnya, untuk memantapkan kembali komitmen kerjasama yang baik antara Bawaslu Kabupaten Sleman dengan Dukcapil Kabupaten Sleman yang selama ini sebenarnya telah terjalin. “Terutama terkait dengan pemanfaatan data kependudukan yang berhubungan dengan data pemilih untuk Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah,” pungkas Karim yang merupakan Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga ini.


Sementara itu, Kepala Dukcapil Kabupaten Sleman, Jazim Sumirat, S.H.,M.Si. menyambut baik adanya audiensi ini. “Kami menerima dan menyambut baik audiensi dari Bawaslu Kabupaten Sleman ini,” kata Jazim.
Dukcapil, kata Jazim, berharap semoga ke depan kerjasama antar dua lembaga ini tetap dapat terjalin dengan baik. “Tercapai kesepahaman bersama sehingga ke depannya tidak terjadi lagi salah paham dan silang pendapat terkait data kependudukan,” pungkasnya.


Pada akhir audiensi, Bawaslu Kabupaten Sleman menyerahkan piagam penghargaan kepada Dukcapil Kabupaten Sleman atas kerjasama dan dukungannya ketika menjadi mitra Bawaslu Kabupaten Sleman dalam pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020. (*)