Lompat ke isi utama

Berita

Balai Dikmen Kabupaten Sleman Dukung Program Millenial Mengawasi

Balai Dikmen Kabupaten Sleman Dukung Program Millenial Mengawasi

Guna menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020, Bawaslu Kabupaten Sleman menggagas program Millenial Mengawasi. Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dari kalangan pemilih pemula di lingkungan sekolah menengah, baik SMA, SMK maupun MA. Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Kabupaten Sleman menyambut baik program tersebut.

“Sebagai bibit-bibit penggerak pembangunan Kabupaten Sleman di masa depan, tentu kami hendak mengajak para pemilih pemula untuk berperan aktif dalam Pemilihan Bupati Sleman mendatang,” kata Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum, Humas, dan Hubal Bawaslu Kabupaten Sleman Arjuna Al Ichsan Siregar mengawali audiensi dengan jajaran Balai Dikmen Kabupaten Sleman di kompleks Gedung Youth Center Sleman, Selasa, 25 Februari 2020.

Hadir dalam audiensi kali ini, Kordiv SDM dan Datin Bawaslu Kabupaten Sleman Vici Herawati, Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Sleman Ibnu Darpito beserta staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sleman. Sementara, dari Balai Dikmen Kabupaten Sleman hadir Kepala Seksi Layanan Pendidikan Drs. Aragani Mizan Zakaria yang juga ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Balai Dikmen Kabupaten Sleman dan Endah Sumartini, S.IP selaku Kepala Subbagian Tata Usaha.

Sebagai bagian dari program Millenial Mengawasi, jelas Arjuna, dalam rangka mendorong peran serta pemilih pemula, terutama para siswa yang genap berusia 17 tahun pada 23 September 2020 nanti, Bawaslu Kabupaten Sleman akan menggelar pentas seni dan budaya. Kegiatan ini rencananya akan diisi dengan atraksi kesenian dan budaya bertemakan Pengawasan Pilkada dari para siswa.

“Oleh karena itu, kami meminta saran dan masukan dari Balai Dikmen sekolah-sekolah mana saja yang nantinya diharapkan dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Kordiv SDM dan Datin Bawaslu Kabupaten Sleman Vici Herawati menambahkan, untuk menyukseskan program Millenial Mengawasi Bawaslu Kabupaten Sleman juga menggagas kegiatan Bawaslu Goes to School. Dalam kegiatan ini, nanti Bawaslu akan mendatangi sekolah-sekolah dan meminta waktu kepada kepala sekolah untuk dapat memberikan sosialisasi singkat sekitar 10 menit kepada para siswa yang intinya mendorong para siswa untuk berpartisipasi dalam Pilkada nanti, menggunakan hak pilihnya secara baik.

“Nantinya kami akan meminta izin dan masukan dari Balai Dikmen agar kegiatan dapat berjalan lancar di lapangan,” kata Vici.

Kepala Seksi Layanan Pendidikan Balai Dikmen Kabupaten Sleman Drs. Aragani Mizan Zakaria menyambut baik program Millenial Mengawasi untuk kalangan pemilih pemula tersebut. Balai Dikmen mendukung penuh program yang akan dijalankan Bawaslu Kabupaten Sleman dalam rangka menyukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman tahun ini.

“Nanti Bawaslu bisa berkoordinasi lebih lanjut dengan Balai Dikmen terkait dukungan-dukungan teknis yang dibutuhkan,” ujarnya.