Lompat ke isi utama

Berita

Bahas Program Tahun 2023, Bawaslu Sleman Sharing Dengan Panwascam

Bahas Program Tahun 2023, Bawaslu Sleman Sharing Dengan Panwascam


SLEMAN--Bawaslu Kabupaten Sleman menyelenggarakan rapat koordinasi penyusunan program kerja tahun 2023 bersama Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sleman di Grand Keisha Hotel, Gejayan, Sleman, Sabtu, 25 Januari 2023.


Tema yang diangkat dalam rakor ini adalah berkaitan dengan tata kerja dan pola hubungan serta penganggaran kegiatan atau program yang bisa dilaksanakan oleh Panwaslu Kecamatan selama tahapan Pemilu 2023.


Salah satu program yang akan dijalankan Panwaslu Kecamatan adalah pengawasan partisipatif berupa forum warga yang diselenggarakan sebanyak enam kali dalam setahun untuk setiap kecamatan. Forum warga adalah sebuah ruang sosialisasi dan koordinasi pengawasan pemilu berbasis kelompok masyarakat, seperti ormas, kelompok pemuda, PKK, kelompok perempuan, dan pemilih pemula.


Anggota Bawaslu Kabupaten Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar mengatakan, selama tahun 2023 ini terdapaf sejumlah program yang akan dijalankan Panwaslu Kecamatan, baik program yang memang sudah teranggarkan di anggaran Panwaslu Kecamatan maupun program Bawaslu Kabupaten yang secara teknis nantinya turut membutuhkan dukungan dari jajaran Panwaslu Kecamatan.


"Sahabat Panwascam di tahun 2023 ini mempunyai program yang harus dilaksanakan, termasuk mempersiapkan teknis administrasi pertanggungjawaban penggunaan anggarannya,” kata Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Sleman ini.


Sementara itu, Koordinator Divisi SDM, Organisasi, dan Diklat Bawaslu Kabupaten Sleman, Vici Herawati mengingatkan kepada jajaran Panwaslu Kecamatan untuk lebih teliti dan berhati-hati dalam menggunakan anggaran.

“Bapak/Ibu, perlu saya ingatkan kembali jika anggaran terkait dengan program kerja dan pengawasan yang kita lakukan ini telah ada akun atau rumahnya masing-masing. Jangan sampai keliru ataupun serampangan, selalu koordinasikan dengan pihak sekretariat atau konsultasikan ke kabupaten jika masih ada hal-hal yang belum dimengerti,” pungkas Vici.


Kegiatan yang berlangsung di Sidomukti Ballroom ini dihadiri pula oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Sleman yang diwakili oleh Bagian Tata Pemerintahan dan Badan Kesbangpol Pemerintah Kabupaten Sleman. (*)