Lompat ke isi utama

Berita

Audiensi Bawaslu Sleman, Dinas Kebudayaan Support Program Pengawasan Berbasis Budaya

Audiensi Bawaslu Sleman, Dinas Kebudayaan Support Program Pengawasan Berbasis Budaya

Tahapan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Sleman sudah dimulai, sebagai lembaga yang berwenang untuk mengawasi jalannya tahapan pilkada, Bawaslu Sleman melakukan berbagai kegiatan guna mengoptimalkan program pengawasan,  salah satunya menjalin komunikasi dengan Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman.

Selasa (18/02/2020) bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Bawaslu Kabupaten Sleman melakukan audiensi dan sharing program dengan Dinas Kebudayaan. Dalam audiensi tersebut Bawaslu Sleman dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman M. Abdul Karim Mustofa dengan didampingi Sutoto Jatmiko dan Staf,  yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan HY. Aji Wulantara, S. H., M. Hum, dengan didampingi oleh Anas Mubakir, S.S Kasie Sejarah, Adat Budaya dan Tradisi dan I. Eko Ferianto, S. Sn Kasie Perlindungan dan Kesenian.

Dalam kesempatan tersebut, Kadin Disbud, Aji Wulantara menyampaikan bahwa sudah menjadi tugasnya untuk turut berpartisipasi menyukseskan Pilbup 2020. ”Tugas Dinas Kebudayaan adalah melaksanakan Visi dan Misi Bupati Sleman yaitu mewujudkan Sleman yang berbudaya yang di tahun politik ini mempunyai peran untuk menciptakan suasana yang sejuk dan kedamaian melalui kebudayaan dan siap mendukung program-program Bawaslu”, Sambutnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, Karim Mustofa saat menyampaikan maksud dan tujuan audensi ini adalah wahana silaturahmi dan tindaklanjut dari audiensi dengan Bupati Sleman terkait dengan rencana dan program Bawaslu Kabupaten Sleman yang dapat disinergikan dengan Dinas Kebudayaan. ”Bawaslu Sleman memiliki beberapa program pengawasan salah satunya adalah pengawasan berbasis budaya yaitu pengawasan dengan pendekatan budaya yang disisipi pengawasan, sehingga dalam setiap even Dinas Kebudayaan baik berupa wayangan, gelar budaya, merti desa dan lain lain dapat berkerja sama dengan Bawaslu Sleman” tuturnya.      

Respon dari Dinas Kebudayaan, Aji Wulantara sangat mendukung program-program Bawaslu Sleman, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas yang segera akan memberikan jadwal terkait even-even budaya yang  dapat disinergikan dengan program pengawasan dari Bawaslu Sleman.

“Pemerintah harus mendukung tugas Bawaslu dengan niatan baik mensukseskan Pilkada Sleman dengan tupoksi masing-masing, senang apabila program-program Dinas Kebudayaan dapat dimanfaatkan dalam kegiatan Pengawasan Pemilihan” tutur Aji.

Bawaslu Kabupaten Sleman, diluar bicara rencana dan program pengawasan dengan Dinas Kebudayaan juga tidak kalah pentingnya menyampaikan himbauan terkait netralitas ASN kepada segenap ASN di Dinas Kebudayaan dalam Pilkada Sleman tahun 2020 mendatang.

Diakhir kunjungan audiensi, Kepala Disbud yang biasa dipanggil Pak Aji tersebut memberikan pesan dan testimoni dalam bentuk video pendek berisi ajakan untuk mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020 yang nantinya, video tersebut  akan digunakan sebagai materi sosialisasi sekaligus iklan layanan masyarakat yang akan di upload di Youtube, website dan Medsos Bawaslu Sleman.