Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sleman Sampaikan Kesiapan Pengawasan Pemilu kepada Wakil Bupati

Bawaslu Sleman Sampaikan Kesiapan Pengawasan Pemilu kepada Wakil Bupati


SLEMAN-Jajaran pimpinan dan sekretariat Bawaslu Kabupaten Sleman menyampaikan kesiapan pengawasan pemilihan umum 2024 kepada Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, dalam sebuah acara audiensi kelembagaan yang berlangsung pada Rabu, 17 Oktober 2023.


Dalam kesempatan itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar, mengatakan jika saat ini Bawaslu Kabupaten Sleman sedang mengawasi tahapan pencalonan anggota DPRD Kabupaten Sleman dan menunggu pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) dari KPU Kabupaten Sleman. Pengawasan dilakukan secara melekat untuk memastikan tahapan yang diawasi berjalan sesuai dengan regulasi dan prosedur.


“Sesuai dengan arahan dari Bawaslu RI, setiap pengawasan yang kami lakukan diusahakan dapat sedetail mungkin dalam mendapatkan data yang diperlukan dan hasil pengawasannya selalu kami tuangkan ke dalam form A pengawasan sebagai bukti otentik kinerja pengawasan yang kami lakukan. Bawaslu Kabupaten Sleman juga selalu bersikap adil dan netral dalam setiap pengawasan yang dilakukan. Selain itu, Bawaslu Kabupaten Sleman perlu menjalin kerjasama dengan stake holder untuk mendukung terselenggaranya Pemilu 2024 yang aman, damai, dan berintegritas,” ujarnya.


Pada audiensi ini, Arjuna juga memperkenalkan susunan pimpinan Bawaslu Kabupaten Sleman periode 2023-2028 yang terdiri dari Arjuna Al Ichsan Siregar yang menjabat sebagai ketua, Antonius Hery Purwito sebagai Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi, Ahmad Sidiq Wiratama sebagai Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat, Raden Yuwan Sikra sebagai Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas, serta Fadhly Kharisma Rahman yang menjabat sebagai Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa.


Sementara itu, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menyambut baik pertemuan ini dan menyampaikan jika Pemerintah Kabupaten Sleman siap mendukung kinerja pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Sleman. Danang mengatakan jika kerjasama yang baik dan harmonis antara stake holder dengan penyelenggara Pemilu memang mutlak dilakukan dalam rangka suksesnya Pemilu Serentak Tahun 2024.


“Kami selalu mendorong instansi-instansi terkait seperti Kesbangpol, Satpol PP, TAPD, dan BKAD untuk menjalin koordinasi dan komunikasi yang terbuka dan berkesinambungan agar penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Sleman dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh kita semua,” tuturnya.


Pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat Wakil Bupati Sleman ini dihadiri pula oleh Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Sleman, Indra Darmawan, Sekretaris Satpol PP Kabupaten Sleman, Rasyid Ratnadi Sosiawan, dan Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Anton Sujarwa.(*