Lompat ke isi utama

Berita

Ketua Bawaslu Sleman Resmi Tandatangani NPHD Pilkada Tahun 2024

Ketua Bawaslu Sleman Resmi Tandatangani NPHD Pilkada Tahun 2024

SLEMAN-Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar, dan Ketua KPU Kabupaten Sleman, Trapsi Haryadi, resmi menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2024 pada Jum’at, 13 Oktober 2023.


Berlansung di Ruang Rapat Bupati Sleman, prosesi penandatanganan ini disaksikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H.Y. Aji Wulantara, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sleman, Ani Martanti, Sekretaris Badan Kesbanpol Kabupaten Sleman, Indra Darmawan, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), dan pimpinan organisasi pemerintah daerah (OPD) di Kabupaten Sleman yang terkait dengan pelaksanaan Pilkada.


Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menyampaikan jika penandatanganan NPHD ini adalah realisasi komitmen dari Pemerintah Kabupaten Sleman dalam mendukung kelancaran pelaksanaan setiap tahapan proses dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman yang akan dilaksanakan serentak secara nasional pada tahun 2024.


“Melalui pemberian dana hibah ini Saya berharap seluruh tugas Bawaslu Kabupaten Sleman dan KPU Kabupaten Sleman dalam penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2024 dapat terlaksana dengan lancar tanpa adanya hambatan yang berarti,” tuturnya.


Lebih lanjut, ia menekankan bahwa dana hibah ini harus dipergunakan secara transparan dan harus didukung dengan administrasi yang tertib sehingga dapat dipertanggungjawabkan penggunaannya. Dengan demikian, terselenggaranya pemilihan bupati dan wakil bupati serentak tahun 2024 yang sesuai dengan peraturan peundang-undangan dapat menghasilkan pimpinan yang kredibel dan berintegritas.


Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Sleman dan semua instansi terkait dalam tercapainya penandatanganan NPHD ini.
“Alhamdulillah, penandatanganan NPHD pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2024 telah dilaksanakan pada hari ini. Sebelumnya, penandatanganan Berita Acara (BA) NPHD telah dilakukan pada 1 Agustus 2023. Besaran dana hibah untuk Bawaslu Kabupaten Sleman yaitu berjumlah 13,75 miliar dengan perincian APBD Tahun 2023 adalah 5,5 miliar dan  APBD Tahun 2024 sebesar 8,25 miliar,” tuturnya.


Sebagai informasi, pencairan dana hibah Pilkada akan dilaksanakan dalam 2 tahap, dengan ketentuan pencairan dana hibah yang bersumber dari APBD Tahun 2023 sebesar 40% dicairkan paling lama 14 (empat belas) hari kerja setelah penandatanganan NPHD kemudian pencairan dana hibah yang bersumber dari APBD Tahun 2024 sebesar 60% dicairkan paling lama 5 (lima) bulan sebelum hari pemungutan suara di tanggal 27 November 2024.(*