Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sleman dan Polri Siap Wujudkan Pemilu 2024 yang Aman dan Damai

Bawaslu Sleman dan Polri Siap Wujudkan Pemilu 2024 yang Aman dan Damai


SLEMAN-Dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai, pimpinan Bawaslu Kabupaten Sleman yang terdiri atas Ketua, Arjuna Al Ichsan Siregar,S.Sos.,M.H. dan Anggota, Raden Yuwan Sikra, S.H.,Fadhly Kharisma Rahman, S.H., Antonius Hery Purwito, S.Pt., dan Ahmad Sidiq Wiratama, S.S.,M.Si., melakukan audiensi ke Polresta Sleman pada Selasa, 19 September 2023.


Bertemu langsung dengan Kapolresta Sleman, AKBP Yuswanto Ardi, audiensi ini bertujuan untuk memperkenalkan formasi baru pimpinan Bawaslu Kabupaten Sleman periode 2023-2028 yang telah dilantik di Jakarta oleh Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, pada 19 Agustus 2023 sekaligus menjalin kembali hubungan kemitraan terkait pengawasan tahapan Pemilu tahun 2024 yang sebelumnya telah bersinergi dengan baik pada Pemilu tahun 2019 dan Pilkada tahun 2020.


“Berkaca pada hasil pengawasan Pemilu 2019, potensi-potensi pelanggaran sering muncul pada tahapan pemutakhiran daftar pemilih, tahapan kampanye, tahapan pemungutan suara, dan tahapan penghitungan dan rekapitulasi suara,” tutur Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar,S.Sos.,M.H.


“Pelanggaran-pelanggaran yang terjadi tentunya dapat mengganggu keamanan proses Pemilu, bahkan dapat mengganggu hasil Pemilu dan menimbulkan konflik horisontal di masyarakat. Sehubungan dengan itu, Bawaslu Kabupaten Sleman dan Polresta Sleman bertekad untuk makin meningkatkan soliditas, kerjasama dan koordinasi terkait pengawasan Pemilu 2024,” sambungnya.


Sementara itu, Kapolresta Sleman, AKBP Yuswanto Ardi, menyampaikan jika koordinasi yang berkesinambungan dan berkelanjutan antara pengawas Pemilu dengan jajaran Kepolisian RI di wilayah kerjanya masing-masing mutlak diperlukan untuk menjamin kelancaran pelaksanaan Pemilu dan meminimalisasi terjadinya pelanggaran pada tahapan-tahapan yang dianggap rawan.


“Pelaksanaan Pemilu yang aman, damai, bersih, dan berintegritas hanya akan terwujud jika terdapat satu kesepahaman dan sinergi yang baik antara penyelenggara Pemilu, Kepolisian, dan peserta Pemilu itu sendiri,” ujar pria yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolrestabes Semarang ini.


Selesai audiensi, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar, S. Sos., M. H., ditunjuk menjadi narasumber dalam acara forum grup discussion (FGD) yang dihadiri oleh jajaran Polres se-Kabupaten Sleman. Dalam FGD itu, Arjuna menyampaikan materi tentang potensi-potensi kerawanan dan pelanggaran yang sering terjadi di Kabupaten Sleman pada penyelenggaraan Pemilu.(*)